MODIFIKASI PERANCANGAN JEMBATAN TRISULA MENGGUNAKAN BUSUR RANGKA BAJA DENGAN DILENGKAPI DAMPER PADA ZONA GEMPA 4

SYAH, CITRA BAHRIN (2016) MODIFIKASI PERANCANGAN JEMBATAN TRISULA MENGGUNAKAN BUSUR RANGKA BAJA DENGAN DILENGKAPI DAMPER PADA ZONA GEMPA 4. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3106100725-Abstrack.pdf]
Preview
Text
3106100725-Abstrack.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 3106100725-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3106100725-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3106100725-conclusion.pdf]
Preview
Text
3106100725-conclusion.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Jembatan Trisula merupakan akses penting antara Kota Blitar
dengan Kecamatan Kademangan dan Kabupaten Tulungagung. Usia
jembatan yang sudah tua dengan volume lalu lintas kendaraan yang
semakin meningkat melatarbelakangi pembangunan Jembatan Trisula
yang baru sebagai solusi dalam menunjang sarana transportasi.
Dalam Tugas akhir ini, dilakukan perancangan struktur
Jembatan Trisula yang baru dengan sistem busur rangka baja. Karena
perbedaan kedalaman pada dasar sungai, jembatan didesain dengan
dua bentang busur yang masing-masing panjangnya adalah 70 meter.
Meninjau lokasi Kota Blitar yang berada pada Zona Gempa 4, pada
pangkal busurnya dipasang damper yang berfungsi sebagai lateral
stopper. Untuk perletakannya didesain menggunakan Pot bearing
dengan kapasitas beban vertikal maksimum sebesar 500 kN.
Perancangan struktur jembatan ini berpedoman pada beberapa
standar peraturan yang ada. Untuk pembebanan mengacu pada SNI
T02-2005, perencanaan struktur baja disesuaikan dengan SNI 1729-
2002 yang terdiri dari beberapa elemen struktur yaitu balok
memanjang, balok melintang, rangka busur utama, ikatan angin bawah
dan ikatan angin atas. Untuk desain pelat lantai kendaraan
menggunakan SNI 2847-2002. Analisa struktur yang dilakukan meliputi
analisa rasio penampang struktur profil baja dan desain detail
sambungan,
Setelah dilakukan perhitungan dan kontrol, kemampuan
struktur dalam memikul beban – beban yang bekerja masih cukup kuat.
Hal ini ditunjukkan dengan stress ratio yang kurang dari 0.95 sesuai
SNI 1729-2002. Bahkan dengan adanya penambahan damper mampu
mengurangi deformasi maksimum sebesar 6.8 %. Selanjutnya, dari
hasil perancangan didapatkan beberapa gambar denah, potongan
memanjang, potongan melintang, dan gambar detail sambungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Sya m
Uncontrolled Keywords: Jembatan busur, rangka baja, damper.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:15
Last Modified: 27 Dec 2018 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item