Kajian Kerusakan Bantalan Model Sleeve pada Sistem Pembangkit Di PT Kertas Leces

Sumengkar, Oky (2009) Kajian Kerusakan Bantalan Model Sleeve pada Sistem Pembangkit Di PT Kertas Leces. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2102100038-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2102100038-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Bantalan adalah elemen mesin yang mampu menumpu poros berbeban, sehingga putarannya dapat berlangsung secara halus, aman, dan panjang umur. Jika bantalan tidak berfungsi dengan baik maka prestasi seluruh sistem akan menurun atau tidak dapat bekerja secara semestinya. Jadi bantalan dalam permesinan dapat disamakan peranannya dengan pondasi pada gedung. Bantalan sangat luas penggunaannya dalam industri, dalam tugas akhir ini di analisa kerusakan sleeve bearing pada sistem pembangkit di PT. KERTAS LECES. Di dalam penelitian tugas akhir ini metode yang dilakukan adalah melakukan pengukuran kecepatan getar bantalan sleeve di bagian turbin ECT. Alat uji yang digunakan adalah transducer velocity pickup.Selanjutnya dihitung vikositas dinamic dari minyak pelumas, tekanan maksimum, energi yang hilang serta menghitung kebutuhan minyak pelumas, kemudian dibandingkan dengan kondisi yang sebenarnya. Dari analisa yang telah dilakukan adanya kerusakan pada salah satu bantalan pada sistem pembangkit dimana pembebanan yang diterima bantalan melebihi dari batas yang diperbolehkan. Kehilangan energi masih relative kecil dibandingkan dengan daya yang dibangkitkan Laju aliran pelumas yang diberikan pada bantalan tidak sesuai dengan kebutuhan pelumasan.
===================================================================================================================================
Bearing is one of mechanical components that should bear shaft load, until its rotation can performe in fine, safe, and longevity. If bearing is not working properly then achievement of all systems will perform badly. Therefore bearing in machineries can be equalized its role with foundation at building. The usage of bearing is very wide in industnes. In this Final Projects, damage sleeve bearing at generating system in PT. KERTAS LECES is analysed In this Final Projects, the research uses tachometry of vibration of sleeve bearing in part of turbine ECT. Testing tool used is transducer velocity pickup. Hereinafter, dinam1c vikosity of lubricating oil is calculated, maximum pressure, energy loss and calculate will be the next, then compared to actually condition. From the analysis that has been conducted, the existence of damage at one of bearing at generating system encumbering that accepted bearing head and shoulders is above admissible limits. Energy Losses is still relatively small compared with the power generated The flow rate of lubricant that passes to bearing is below expected need with lubrication need.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 621.822 Sum k 2009
Uncontrolled Keywords: bantalan sleeve, tektJnan, energi, laju aliran pelumas; bearing sleeve, pressure, energy, lubricant flow rate
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA355 Vibration.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 17 Jan 2024 00:59
Last Modified: 17 Jan 2024 00:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105509

Actions (login required)

View Item View Item