Game Wawasan Tempat Wisata Indonesia Dengan Unity 3D

Widanda, Gede Binar Kukuh (2023) Game Wawasan Tempat Wisata Indonesia Dengan Unity 3D. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07211740000024-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07211740000024-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Rekreasi didefinisikan sebagai aktifitas yang dilakukan ketika seseorang sedang tidak bekerja. Ada beberapa jenis aktifitas rekreasi yang biasanya dilakukan seperti piknik, menonton film, bermain video games dan berwisata. Indonesia adalah negara yang sangat banyak memiliki lokasi wisata menarik dengan berbagai keunikan tertentu berdasarkan sejarah, budaya, alam dan kegiatan yang dilaksanakan didaerah tertentu. Dalam kurun waktu pemulihan setelah masa pandemic, jumlah turis yang datang ke Indonesia mulai meningkat sebesar 13,58 persen setelah penurunan sebesar 61 persen yang dialami pada tahun 2019-2020. Karena itu dibutuhkan media tertentu yang dapat menyampaikan, melakukan edukasi dan menjadi media iklan untuk begitu banyak wisata menarik yang ada di Indonesia, termasuk yang belum dikenal oleh masyarakat. Sebagian besar media yang digunakan masyarakat saat ini adalah televisi, surat kabar dan majalah baik daring atau konvensional, serta social media, dengan kebaikan dan kekurangan masing-masing. Media seperti video game dalam bentuk video game edukasi, yang masih terdapat banyak ruang untuk dieksplorasi dapat menjadi alternatif pilihan lain. Khusus dalam rangka memperkenalkan tempat wisata beserta keunikannya di Indonesia, dapat dirancang media alternatif pendidikan untuk tempat wisata di Indonesia dalam bentuk game edukasi. Game edukasi adalah permainan yang dirancang dengan pendidikan sebagai tujuan utama, yang didapatkan secara langsung maupun tidak langsung. Game edukasi dapat juga didefinisikan sebagai teknik pengajaran yang memperkuat pengetahuan dan dapat diulang-ulang dengan cara yang lebih menarik dan nyaman. Oleh karena itu dengan mengusung skema permainan, game edukasi tetaplah harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan.
=================================================================================================================================
Recreation has a definition of activities that are done for enjoyment when one is not working . There are several types of recreational activities that are commonly practiced such as picnics, watching a film, playing video games , and traveling. Indonesia is a country that has a great amount of tourist attraction with varied types of attraction that each has its own uniqueness based on its history , culture, nature, and/or activities. Recovering from the pandemic, Indonesia’s number of tourists has increased by 13.58 from its decrease of 61 percent in 2019 - 2020.There is a need to form a media to inform, educate, and advertise as there are numerous tourist attractions in Indonesia yet to be discovered by people. Commonly, a form of media that people use are tv, newspaper, and social media each with its advantages and disadvantages. However, there are also alternative media such as video games in the form of educational video games which have been rarely explored as an alternative media for education in Indonesia’s tourist attractions.Education games are games that are designed with education as its main purposes or which have incidental or secondary educational value. Education games can also be defined as a teaching technique that reinforces the knowledge learned and repeats in a more comfortable environment. Education games don’t need to be linked to an educational achievement as it is used as a secondary purpose with an increased level of entertainment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tempat Wisata, Game Edukasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gede Binar
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:58
Last Modified: 31 Jan 2024 00:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105764

Actions (login required)

View Item View Item