Peran Variabel Kolaborasi dan Berbagi Pengetahuan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi pada Kinerja Desain Properti Ritel

Shaliha, Diajeng Sekar (2024) Peran Variabel Kolaborasi dan Berbagi Pengetahuan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi pada Kinerja Desain Properti Ritel. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012221052-Master_Thesis.pdf] Text
6012221052-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menyelesaikan tahapan desain yang kompleks, tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu pihak. Di sisi lain, kurangnya integrasi multi-disiplin dalam tahap desain menjadi salah satu hambatan utama dalam pencapaian kinerja desain pada properti ritel di Indonesia, termasuk pada properti ritel mal di Jakarta dan Surabaya. Integrasi stakeholder dalam tahap desain memungkinkan penyatuan pengetahuan multi-disiplin yang mampu mendukung pengambilan keputusan yang komprehensif. Hal ini dapat terlaksana dengan baik dengan adanya kolaborasi dan berbagi pengetahuan, melalui komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran kolaborasi dan berbagi pengetahuan dalam menjelaskan pengaruh komunikasi pada kinerja desain properti ritel mal.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sebanyak 125 kuesioner didapatkan dari 400 kuesioner yang didistribusikan. Kuesioner disebarkan kepada pelaku desain yang berada di Jakarta dan Surabaya, yang pernah terlibat dalam tahap desain properti ritel mal, termasuk konsultan perencana, manajemen properti, dan developer. Selanjutnya data dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dan dilanjutkan dengan diskusi dan pembahasan mengenai peran kolaborasi dan berbagi pengetahuan sebagai variabel mediasi yang menjelaskan pengaruh komunikasi terhadap kinerja desain properti ritel mal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi dan berbagi pengetahuan berperan sebagai variabel mediasi yang menjelaskan mekanisme pengaruh komunikasi terhadap kinerja desain properti ritel mal. Sehingga, hasil ini menjadi petunjuk bahwa yang perlu diperhatikan bukan hanya komunikasi dalam tahap desain, melainkan juga keterampilan dan praktik kolaborasi dan berbagi pengetahuan pada integrasi multi-disiplin dalam tahap desain, dalam mewujudkan kinerja desain properti ritel mal yang optimal.
==================================================================================================================================
In completing complex design stages, it cannot be completed by just one party. On the other hand, the lack of multi-disciplinary integration in the design process is one of the main obstacle in achieving design performance in retail properties in Indonesia, including in Jakarta and Surabaya mall retail properties. Stakeholder integration in the design stage enables the unification of multi disciplinary knowledge capable of supporting comprehensive decision making. This can be done well with collaboration and sharing knowledge, through communication. This research aims to analyze the role of collaboration and knowledge sharing in explaining the influence of communication on the design performance of mall retail properties. This research was conducted using a survey method and used a questionnaire as a data collection tool. A total of 125 questionnaires were obtained from the 400 questionnaires distributed. Questionnaires were distributed to design actors in Jakarta and Surabaya, who had been involved in the design stage of retail mall properties, including planning consultants, property management, and developers. Next, the data was analyzed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) and continued with a discussion and discussion regarding the role of collaboration and knowledge sharing as a mediation variable that explains the influence of communication on the design performance of mall retail properties. The results of this study indicate that collaboration and knowledge sharing plays a role as a variable that explain the influence of communication on mall retail property design performance and does. Thus, these results are an indication that what needs to be considered is not only communication in the design stage but also collaboration and knowledge sharing skills in multi disciplines integration, in realizing optimal mall retail property design performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berbagi pengetahuan, kinerja desain, kolaborasi, komunikasi
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
T Technology > TH Building construction > TH880 Sustainable buildings. Sustainable construction. Green building
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Diajeng Sekar Shaliha
Date Deposited: 09 Feb 2024 02:25
Last Modified: 09 Feb 2024 02:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106428

Actions (login required)

View Item View Item