Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Waktu untuk Anak Usia 3-7 Tahun

Hafizhah, Haura Salwa (2024) Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Waktu untuk Anak Usia 3-7 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311940000042-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311940000042-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Masa kanak - kanak mengalami masa perkembangan yang sangat aktif dan penuh dengan berbagai aktivitas. Bermain, makan, tidur, dan setiap aktivitas lainnya memiliki batasan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Pemahaman anak terhadap konsep waktu merupakan aspek dalam perkembangan anak. Secara psikologis, pemahaman konsep waktu pada anak dapat membentuk sifat disiplin waktu sejak usia dini. Pengenalan konsep waktu pada anak-anak dimulai dengan pemahaman mereka terhadap aspek-aspek sederhana, seperti konsep pagi-malam, di sini-di sana, sekarang-nanti, dan lain sebagainya. Pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan tanpa kekerasan, serta komunikasi yang efektif akan diterima lebih mudah oleh anak. Orangtua dan pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pembelajaran terkait hal ini. Melalui penerapan teori gentle parenting, pendekatan yang lebih lembut dan responsif terhadap kebutuhan anak, dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran konsep waktu. Dengan demikian, diperlukan alat atau media yang dapat membantu orang tua dan pendidik dalam memberikan panduan yang efektif dan positif terkait pemahaman waktu kepada anak-anak. Media penunjuk waktu dengan ilustrasi memperkuat pemahaman anak tentang waktu. Desain yang menampilkan karakter hewan dan ilustrasi merangsang imajinasi, kreativitas, dan interaksi positif. Penggunaan model jam tangan dengan gambar bergerak menunjukkan interaksi anak yang lebih interaktif. Ilustrasi siang-malam dan simbol aktivitas membantu anak dalam identifikasi waktu dan kegiatan secara sederhana. Pendekatan ini menciptakan pengalaman belajar yang positif dan menarik bagi anak-anak usia pra-sekolah.
=================================================================================================================================
Childhood is a period of highly active development filled with various activities. Playing, eating, sleeping, and every other activity have time limits tailored to children's needs. Children's understanding of the concept of time is an aspect of their development. Psychologically, children's understanding of time can shape their time discipline from an early age. Introducing the concept of time to children begins with their understanding of simple aspects, such as morning-evening, here-there, now-later, and so on. Learning done with a non-violent approach, along with effective communication, is more easily accepted by children. Parents and educators play a crucial role in providing education on this matter. Through the application of gentle parenting theory, a softer and more responsive approach to children's needs can help create an environment that supports learning the concept of time. Therefore, tools or media are needed to assist parents and educators in providing effective and positive guidance on children's understanding of time. Time indicator media with illustrations strengthen children's understanding of time. Designs featuring animal characters and illustrations stimulate imagination, creativity, and positive interaction. The use of wristwatch models with moving images shows more interactive child interaction. Day-night illustrations and activity symbols help children identify time and activities simply. This approach creates a positive and engaging learning experience for preschool-aged children.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Edukasi anak, Media pembelajaran, Konsep waktu, Child education, Learning media, Time concept.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Haura Salwa ` Hafizhah
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:35
Last Modified: 12 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106810

Actions (login required)

View Item View Item