Perancangan Board Game Edukasi Bertemakan Pencernaan Makanan Untuk Remaja

Kusuma, Adam Reynard Warouw (2024) Perancangan Board Game Edukasi Bertemakan Pencernaan Makanan Untuk Remaja. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511840000047_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511840000047_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Biologi merupakan salah satu dari lima cabang ilmu pengetahuan alam yang ada dimana biologi mengajarkan mengenai kehidupan dan organisme hidup di dunia, hal ini melingkupi bagaimana sebuah sel dari organisme bekerja dalam organisme tersebut. Demi mempermudah proses pembelajaran biologi banyak guru memberikan praktik kepada pelajarnya, akan tetapi dari banyaknya praktik yang dapat dilakukan terdapat subjek yang tidak dapat dilakukan praktiknya yaitu mengenai kinerja organ manusia dan enzimnya terutama di bagian sistem pencernaan manusia. Hal ini terjadi karena kurangnya media yang dapat digunakan mengajarkan muridnya mengenai sistem penceranaan, dan jika dilakukannya sebuah praktik mengenai sistem pencernaan ini di sekolah memiliki resiko kepada pelajar. Oleh karena itu dibutuhkannya sebuah media yang dapat mengajarkan bagaimana organ pencernaan dan enzim pencernaan bekerja, media tersebut berupa game spesifiknya board game. Media board game ini dapat dijadikan sebuah media pembelajaran yang interaktif karena mengharuskan pelajar untuk memahami bagaimana elemen board game bekerja untuk memainkannya, sehingga jika dibuatkan sebuah board game mengenai sistem pencernaan, maka pelajar harus memahami bagaimana sistem pencernaan bekerja untuk dapat menyelesaikan board game ini. Perancangan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran baru yang dapat mengedukasi remaja mengenai bagaimana sistem pencernaan bekerja dengan menggunakan media interaktif. Dalam menjalani perancangan ini riset dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, untuk data kuantitatif didapatkan dari kuisioner yang disebar kepada target audiens dan data kualitatif melalui studi literatur, studi eksisting, wawancara, concept mapping, eksperiment, dan konsep board game dibuat untuk dijadikan prototipe yang dapat digunakan untuk user testing. Hasil akhir dari perncangan ini adalah produk berupa board game dengan judul POOP yang memberikan pemain sebuah simulasi bagaimana makanan dapat dicerna oleh tubuh dengan mencapai titik akhir permainan dan menyelesaikan objektif permainan menggunakan mekanik board game berupa worker placement, set collecting, dan race game. Board game POOP dapat dimainkan oleh 2 sampai 4 orang dengan durasi permainan sekitar 45 menit. Sebuah set board game dikemas menggunakan box yang didalamnya terdapat komponen - komponen berupa buku panduan, kartu enzim, kartu makanan, kartu efek, pion karakter, token aksi, token zat gizi, token pemain 1, dan papan permainan. Dilakukannya perancangan board game POOP dapat meningkatkan kepahaman remaja mengenai bagaimana proses pencernaan manusia bekerja.
=================================================================================================================================
Biology is one of the five branches of natural science where biology teaches about life and living organisms in the world, this covers how an organism's cells work within that organism. In order to make the biology learning process easier, many teachers provide practice to their students. However, of the many practices that can be carried out, there are subjects that cannot be practiced, namely regarding the performance of human organs and their enzymes, especially in the human digestive system. This happens because there is a lack of media that can be used to teach students about the digestive system, and if there is a practice regarding the digestive system at school there is a risk for students. Therefore, there is a need for media that can teach how the digestive organs and digestive enzymes work, this media is in the form of games, specifically board games. This board game can be used as an interactive learning medium because it requires students to understand how board game works to play it, so if a board game is teaching about the digestive system, students must understand how the digestive system works to be able to complete this board game. This design was carried out with the aim of creating a new learning media that can educate teenagers about how the digestive system works using interactive media. In carrying out this design, research was carried out using several methods, quantitative data was obtained from questionnaires distributed to the target audience and qualitative data through literature studies, existing studies, interviews, concept mapping, experiments, and board game concepts were created to be used as prototypes that could be used. for user testing. The final result of this design is a product in the form of a board game with the title POOP which gives players a simulation of how food can be digested by the body by reaching the end point of the game and completing game objectives using board game mechanics in the form of worker placement, set collecting, and race game. The POOP board game can be played by 2 to 4 people with a game duration of around 45 minutes. A board game set is packaged using a box which contains components in the form of a guidebook, enzyme cards, food cards, effect cards, character pawns, action tokens, nutrient tokens, player 1 tokens, and a game board. Designing the POOP board game can increase teenagers' understanding of how the human digestive process works.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Board game, sistem pencernaan, enzim, disgestive system, enzyme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adam Reynard Warouw Kusuma
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:49
Last Modified: 12 Feb 2024 08:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106915

Actions (login required)

View Item View Item