Penerapan Metode Design Thinking Pada Strategi Pengembangan Desain Konten Media Sosial Hiqua Indonesia Dalam Meningkatkan Customer engagement

Ramadhan, Akmal Naufal (2024) Penerapan Metode Design Thinking Pada Strategi Pengembangan Desain Konten Media Sosial Hiqua Indonesia Dalam Meningkatkan Customer engagement. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032212061-Master_Thesis.pdf] Text
6032212061-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya minat masyarakat Indonesia dalam berolahraga ditunjukan dengan tingginya permintaan masyarakat terhadap alat - alat olahraga. Salah satunya adalah badminton, merujuk pada data oleh data BPS pada tahun 2019, dengan jumlah supply raket di Indonesia sebesar 22.788 buah dan supply shuttlecocks sebesar 5.002.980 buah. Melihat tingginya angka tersebut menunjukkan peluang serta potensi bagi industri raket dan shuttlecocks, terutama industri dalam bidang aneka perindustrian di Indonesia. Melihat tingginya angka tersebut menunjukan peluang serta potensi bagi industri aneka di Indonesia. Dalam lingkungan yang kompetitif saat ini, bisnis tidak mampu memiliki strategi pemasaran saluran tunggal. Memanfaatkan pemasaran multichannel menjadi standar baru dalam mengelola sebuah merek. Menjalankan kampanye pemasaran multisaluran yang kuat dapat meningkatkan perolehan prospek, konversi prospek, dan pendapatan. Hi - Qua Indonesia yang menjadi objek penelitian dalam hal ini menerapkan design thinking dalam menyusun strategi pemasaran melalui instagram yang melibatkan penjualan secara online untuk meningkatkan social media engagement dengan menggunakan channel marketing Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penerapan metode Design Thinking pada strategi pengembangan desain konten social media Instagram Hiqua Indonesia dalam meningkatkan Customer engagement. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap social media Instagram Hiqua Indonesia. Didapati melalui hasil penelitian ini 2 segmentasi konsumen yaitu funseekers & status strivers sebagai persona yang merepresentasikan behaviour followers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Design Thinking pada strategi pengembangan desain konten social media Instagram Hiqua Indonesia dapat meningkatkan social media engagement sebesar 4,13%. Tahapan ini bersifat iterative dan dapat dikembangkan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal.
=================================================================================================================================
The high interest of the Indonesian society in sports is evident from the strong demand for sports equipment, one of which is badminton. Referring to the data from BPS in 2019, the supply of badminton rackets in Indonesia amounted to 22,788 units, and the supply of shuttlecocks was 5,002,980 units. The substantial figures indicate opportunities and potential for the racket and shuttlecock industry, particularly within the diverse industries in Indonesia. Recognizing this high demand highlights opportunities and potential for various industries in Indonesia. In the current competitive environment, businesses cannot rely on a single-channel marketing strategy. Utilizing multichannel marketing has become a new standard in managing a brand. Implementing a strong multichannel marketing campaign can enhance lead generation, prospect conversion, and revenue. Hi-Qua Indonesia, the subject of this research, applies design thinking in formulating a marketing strategy through Instagram, involving online sales to boost social media engagement using the Instagram marketing channel. This research aims to apply the design thinking method to the development strategy of Hi-Qua Indonesia's Instagram social media content to enhance customer engagement. The method used is qualitative research involving in-depth interviews and observations of Hi-Qua Indonesia's Instagram social media. The research findings revealed two consumer segments: funseekers and status strivers, representing follower behavior personas. The results of this research indicate that the application of the design thinking method in the development strategy of Hi-Qua Indonesia's Instagram social media content can increase social media engagement by 4.13%. This process is iterative and can be periodically developed to achieve optimal results.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram Marketing, Customer engagement, Alat Olahraga, Social media Strategy, Social media, Sports Equipment
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Akmal Naufal Ramadhan
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:13
Last Modified: 12 Feb 2024 08:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106971

Actions (login required)

View Item View Item