Perancangan Strategi Bisnis Berorientasi Jasa Dan Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Perusahaan Metal Plating

Princess, Alfira Amrudya (2024) Perancangan Strategi Bisnis Berorientasi Jasa Dan Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Perusahaan Metal Plating. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201147-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010201147-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri pelapisan logam merupakan salah satu industri yang memiliki potensi besar di Indonesia sehingga diperlukannya alternatif dan ide bagi perusahaan dalam bidang ini untuk bisa terus berkompetisi dalam pasar. Salah satunya adalah dengan penerapan model bisnis Product-Service System (PSS) yang merupakan integrasi antara fokus pada produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan khusus pelanggan. Salah satu perusahaan yang menerapkan proses bisnis pada perusahaannya adalah PT XYZ yang juga bergerak di industri pelapisan permukaan logam dengan visi “Profesional, Terbaik, dan Terdepan di Bidang Perlakuan Permukaan Logam”. Selama 23 tahun berdiri, PT XYZ belum bisa mewujudkan misi perusahaan. Menurut pihak perusahaan, hal ini terjadi karena belum ada keselarasan antara strategi serta pengukuran kinerja yang dilakukan PT XYZ dengan visi dan misi mereka. Strategi yang digunakan pun belum sesuai dengan fokus PSS. Pengukuran kinerja yang digunakan saat ini masih berasal dari usulan top management dan bersifat mengacu pada masa lalu (historis). Maka dari itu, Tugas Akhir ini akan melakukan perancangan strategi bisnis berorientasi jasa dan sistem pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard untuk PT XYZ. Untuk membantu perusahaan mengimplementasikan PSS, akan dikembangkan strategi berorientasi jasa yang menggunakan Kapabilitas Servitization dan Empat Dimensi Lingkungan Bisnis pada tahap analisis kondisi lingkungannya. Metode ini akan membantu perusahaan melakukan formulasi strategi yang sesuai dengan karakteristik PSS. Setelah itu, dilanjutkan dengan tahap formulasi strategi dengan Matriks IFE-EFE, Matriks IE, Matriks TOWS, dan QSPM. Hasil akhir dari QSPM menunjukkan bahwa rekomendasi strategi yang akan digunakan adalah “New Offering Innovation”. Selain itu, akan digunakan juga metode Balanced Scorecard untuk menghasilkan sasaran strategis serta pengukuran kinerja yang sejalan dengan visi misi perusahaan. Balanced Scorecard juga membantu perusahaan mempertimbangkan keseimbangan antara input (yang memengaruhi performansi di masa yang akan datang) dan output (hasil usaha di masa lalu). Sasaran strategis yang dibuat akan berdasarkan fundamental perusahaan, yaitu visi, misi, dan kebijakan mutu serta rekomendasi dan strategi alternatif yang dihasilkan pada tahap formulasi strategi. Hasilnya, terdapat 12 sasaran strategis dan diukur dengan 20 KPI dari seluruh perspektif Balanced Scorecard. Dilakukan juga pembobotan untuk KPI tersebut dan hasilnya yang memiliki bobot global paling besar adalah “Tingkat kepuasan pelanggan”.
====================================================================================================================================
The metal coating industry is one of the industries that has great potential in Indonesia, so alternatives and ideas are needed for companies in this field to continue to compete in the market. One of them is the application of the Product-Service System (PSS) business model, which is an integration between a focus on products and services to meet the specific needs of customers. One company that applies business processes to its company is PT XYZ which is also engaged in the metal surface coating industry with the vision of " Profesional, Terbaik, dan Terdepan di Bidang Perlakuan Permukaan Logam". For 23 years, PT XYZ has not been able to realize its company's mission. According to the company, this occurs because there is no alignment between the strategy and performance measurement carried out by PT XYZ with their vision and mission. The strategy used is not yet in accordance with the focus of PSS. The performance measurements used today still come from top management proposals and refer to the past (historical). Therefore, this Final Project will design a service-oriented business strategy and performance measurement system using the Balanced Scorecard method for PT XYZ. To help the company implement the PSS, a service-oriented strategy will be developed using the Servitization Capabilities and the Four Dimensions of the Business Environment at the environmental analysis stage. This method will help the company formulate a strategy that is in line with the characteristics of PSS. After that, proceed with the strategy formulation stage with the IFE-EFE Matrix, IE Matrix, TOWS Matrix, and QSPM. The result of QSPM shows that the recommended strategy to be used is "New Offering Innovation". In addition, the Balanced Scorecard method will also be used to produce strategic goals and performance measurements that are in line with the company's vision and mission. Balanced Scorecard also helps companies consider the balance between inputs (which affect future performance) and outputs (past business results). The strategic goals will be based on the company's fundamentals, namely vision, mission, and quality policy as well as recommendations and alternative strategies generated at the strategy formulation stage. As a result, there are 12 strategic objectives and measured by 20 KPIs from all Balanced Scorecard perspectives. Weighting is also carried out for these KPIs and the result that has the greatest global weight is "Customer satisfaction level".

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajeman Strategi, Product Service-System, Strategi Berorientasi Jasa, Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Strategic Management, Product Service-System, Service-Oriented Strategy, Performance Measurement, Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.93 Balanced scorecard
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries--Quality control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alfira Amrudya Princess
Date Deposited: 08 Jul 2024 00:54
Last Modified: 08 Jul 2024 00:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108162

Actions (login required)

View Item View Item