Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Probability Impact Matrix (PIM) Dan Root Cause Analysis (RCA) Pada Pembangunan Gedung Parkir RS. Bhayangkara Kota Kediri

Ifanka, Fatika La Viola (2024) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Probability Impact Matrix (PIM) Dan Root Cause Analysis (RCA) Pada Pembangunan Gedung Parkir RS. Bhayangkara Kota Kediri. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032222024-Master_Thesis.pdf] Text
6032222024-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap tahun ribuan kecelakaan terjadi di tempat kerja dimana kecelakaan kerja merupakan suatu risiko yang dapat menimbulkan kerugian dalam segi waktu dan biaya serta dapat menyebabkan berkurangnya aset nasional yaitu tenaga kerja yang trampil. Kecelakaan kerja di sektor konstruksi sebenarnya merupakan akibat dari mitigasi risiko yang kurang tepat sasaran dalam menangani risiko kecelakaan kerja. Oleh karena itu perlunya manajemen risiko untuk mengelola dan mengurangi dampak dari risiko yang timbul dalam suatu proyek. Langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini meliputi identifikasi risiko, penilaian risiko, analisis penyebab risiko, dan manajemen risiko. Identifikasi risiko dilakukan berdasarkan studi pustaka mengenai risiko yang ada pada Proyek Pembangunan Gedung Parkir Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri. Selanjutnya akan dilakukan penilaian risiko dengan menggunakan pedoman yang sesuai dalam Peraturan Menteri PUPR No.10 Tahun 2021 yang menggunakan metode Probability Impact Matrix (PIM) untuk mengetahui risiko yang paling dominan. Kemudian untuk risiko yang tergolong sangat tinggi dilakukan Root Cause Analysis (RCA) untuk mencari penyebabnya. Setelah itu, dilakukan Forum Group Discussion (FGD) bersama para expert HSE guna merumuskan rekomendasi tindakan pencegahan atau mitigasi yang dapat mengurangi tingkat risiko menuju titik yang aman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dari 66 risiko kecelakaan kerja terdapat risiko sangat tinggi yaitu scaffolding roboh karena tidak mampu menahan beban yang disebabkan 15 possible root cause dan 6 actual root cause sebagai sumber akar penyebabnya. Selain penyebab risiko tersebut, ada pula bentuk penanganan terhadap penyebab risiko tersebut, salah satunya adalah pengawasan yang dilakukan kepada pekerja untuk menangani actual root cause pemasangan scaffolding tidak sesuai SOP dan kapasitas scaffolding tidak diperhitungkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Kecelakaan Kerja, Keselamatan dan kesehatan kerja (K3), Probability Impact Matrix (PIM), Root Cause analysis (RCA).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > T Technology (General) > T55.3.H3 Hazardous substances--Safety measures.
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169.5 Failure analysis
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: FATIKA LA VIOLA IFANKA
Date Deposited: 31 Jul 2024 20:15
Last Modified: 31 Jul 2024 20:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110748

Actions (login required)

View Item View Item