Aplikasi Teknik Crochet Square Pada Pengembangan Tas Wanita Melalui Warna Motif Guna Meningkatkan Keharmonisan Berpakaian Dengan Sistem Reversible

Ghani, Muhammad Sulthan (2024) Aplikasi Teknik Crochet Square Pada Pengembangan Tas Wanita Melalui Warna Motif Guna Meningkatkan Keharmonisan Berpakaian Dengan Sistem Reversible. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028201007-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5028201007-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan tas wanita yang memanfaatkan teknik rajutan (crochet) untuk
menciptakan motif-motif berwarna yang dapat mendukung penampilan pakaian. Crochet
square dapat memiliki pola beragam, termasuk motif bunga, geometris, atau pola tekstur. Salah
satu keuntungan dari crochet square adalah fleksibilitasnya yang dapat membuat banyak square
dengan pola yang berbeda dan kemudian menggabungkannya menjadi komposisi pattern motif
yang lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk mengekspresikan kreativitas dan menciptakan
suatu desain yang unik. Salah satu aspek yang ditekankan dalam penelitian ini adalah integrasi
warna motif guna mendukung outfit dengan sistem tas yang dapat dibalik (Reversible). Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menciptakan produk tas yang bersifat multifungsi, estetis, dan
mudah disesuaikan dengan berbagai outfit. Generasi Z merupakan kelompok terbesar di
Indonesia yang dikenal memiliki karakteristik yang unik karena mereka tumbuh dan
berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan melimpahnya informasi. sehingga
Gen-Z sering kali sangat kreatif, baik dalam seni, musik, atau karier kreatif lainnya. bahwa anak
muda Gen-Z pribadi yang aktif berkomunikasi khusus nya pada dunia maya, pribadi yang
kreatif, pribadi yang ekspresif yang senang menunjukkan citra diri. Hal ini mencerminkan
bagaimana pemilihan produk tas yang tepat dapat memiliki dampak besar pada keselarasan dan
keharmonisan penampilan mereka. Penelitian ini menggunakan mix method yaitu kualitatif dan
kuantitatif. Dimana metode kualitatif dilakukan wawancara secara in-depth interview dengan
pengguna potensial yang minat dunia fashion sehingga mendapatkan data user yang lebih
spesifik. Kemudian metode kuantitatif menggunakan kuisioner terkait preferensi keterkaitan
yang signifikan dengan ekspresi dan citra diri yang dipancarkan melalui produk dan indepth
interview menggunakan kuisioner penilaian semantik deferensial. Menampilkan keahlian
dalam teknik crochet, pemilihan warna yang cerdas, dan desain reversible yang praktis. Hasil
dari penelitian ini adalah tas wanita yang memungkinkan pemakainya untuk dengan mudah
mengganti motif sesuai dengan pakaian yang dikenakan, sehingga menciptakan harmoni dan
gaya. Penelitian ini menunjukkan potensi dalam menggabungkan tradisi rajutan dengan
kebutuhan mode modern, dan mendemonstrasikan bagaimana teknik tradisional seperti crochet
dapat berkontribusi dalam menciptakan produk fesyen yang inovatif dan berkelanjutan.
============================================================
===================================
Development of women's bags that utilize knitting techniques (crochet) to create
colorful motifs that can support the appearance of clothing. Crochet squares can have a variety
of patterns, including floral, geometric, or textured patterns. One of the advantages of crochet
squares is their flexibility, which means you can make many squares with different patterns and
then combine them into a larger motif pattern composition. This makes it possible to express
creativity and create a unique design. One aspect emphasized in this research is the integration
of color motifs to support outfits with reversible bag systems. The aim of this research is to
create bag products that are multifunctional, aesthetic, and easy to match with various outfits.
Generation Z is the largest group in Indonesia which is known to have unique characteristics
because they grow and develop along with technological developments and the abundance of
information. so Gen-Z are often highly creative, whether in art, music or other creative careers.
that Gen-Z young people are individuals who actively communicate, especially in cyberspace,
are creative individuals, expressive individuals who like to show their self-image. This reflects
how choosing the right bag product can have a big impact on the harmony and harmony of their
appearance. This research uses a mix method, namely qualitative and quantitative. Where the
qualitative method is carried out in-depth interviews with potential users who are interested in
the world of fashion in order to obtain more specific user data. Then the quantitative method
uses a questionnaire regarding preferences that are significantly related to the expression and
self-image emitted through the product and in-depth interviews using a differential semantic
assessment questionnaire. Featuring expertise in crochet techniques, clever color selection, and
practical reversible designs. The result of this research is a women's bag that allows the wearer
to easily change motifs according to the clothes they wear, thus creating harmony and style.
This research shows the potential in combining knitting traditions with modern fashion needs,
and demonstrates how traditional techniques such as crochet can contribute to creating
innovative and sustainable fashion products.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: citra diri, fashion, gen-z, reversible produk, warna motif, self image, motif color, reversible product
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
T Technology > TS Manufactures > TS157.5 Production scheduling
T Technology > TS Manufactures > TS161 Materials management.
T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Sulthan Ghani
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:55
Last Modified: 05 Aug 2024 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111233

Actions (login required)

View Item View Item