Yogarizki, Ajusta (2024) PENGARUH VARIASI GROVE ANGEL PULLEY TRANSMISI CVT PADA MOTOR MATIK 110 CC TERHADAP KINERJANYA. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2039201023_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (3MB) |
Abstract
Transmisi pada kendaraan sepeda motor eksisting ada dua jenis yakni transmisi manual dan transmisi otomatis. Transmisi otomatis digunakan pada motor matik. Jenis transmisi ini menggunakan pulley dan belt disebut Continously Variable Transmission (CVT). Pulley dan
belt, berfungsi untuk pemindah torsi secara otomatis sesuai putaran mesin. Pulley merupakan salah satu komponen yang penting sepeda motor matik. Pada penelitian ini ingin diketahui adalah torsi dan tenaga yang dihasilkan, serta kosumsi bahan bakar yang
disebabkan oleh perubahan sudut kemiringan pulley. Untuk mendapatkan torsi dan tenaga tersebut maka perlu dilakukan pengujian langsung menggunakan pulley penggerak yang berbeda pada sepeda motor beat street. Setiap pergantian pulley penggerak menghasilkan
torsi dan tenaga serta kosumsi bahan bakar yang berbeda. Pengujian pulley ini menggunakan metode dynotes dengan variasi derajat pulley 14,5o; 13,8o ; 13,7o dan 13,5o.Sudut kemiringan menyebabkan penurunan daya dan torsi. Pulley 14,5 dibandingkan
dengan pulley 13,8 mengalami penurunan daya sebesar 0,545 HP dan penurunan torsi sebesar 0,744 Nm; pulley 13,7 mengalami penurunan daya sebesar 0,678 HP dan penurunan torsi sebesar 1,103 Nm; dan pulley 13,5 mengalami penurunan daya sebesar 0,543 HP dan
penurunan torsi sebesar 0,401 Nm. Hasil BSFC adalah rata-rata 125,4 g/kWh pada sudut 14,5, rata-rata 144,4 g/kWh pada sudut 13,8, rata-rata 157,4 g/kWh pada sudut 13,7, dan rata-rata 178,4 g/kWh pada sudut 13,5. Untuk penggunaan di kota karena memiliki daya yang lebih besar (11,72 Hp) dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan grove angel lainnya (8,79). Ini menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dan efisiensi rata-rata 125,4 g/kWh.
=======================================================
There are two types of transmission in existing motorcycle vehicles, namely manual transmission and automatic transmission. Automatic transmission is used in matik motorcycles. This type of transmission uses pulleys and belts called Continously Variable Transmission (CVT). Pulley and belt, function to transfer torque automatically according to engine rotation. Pulley is one of the important components of an electric motorcycle. In this study, we want to
know the torque and power produced, as well as the fuel consumption caused by changes in the pulley tilt angle. To get the torque and power, it is necessary to do direct testing using different drive pulleys on a beat street motorcycle. Each change of drive pulley produces different torque and power and fuel consumption. This pulley test uses the dynotes method with a pulley degree variation of 14.5o; 13.8o; 13.7o and 13.5o. The tilt angle causes a decrease in power and torque.
Pulley 14.5 compared to pulley 13.8 experienced a decrease in power of 0.545 HP and a decrease in torque of 0.744 Nm; pulley 13.7 experienced a decrease in power of 0.678 HP and a decrease in torque of 1.103 Nm; and pulley 13.5 experienced a decrease in power of 0.543 HP and a decrease in torque of 0.401 Nm. The BSFC results are an average of 125.4 g/kWh at an angle of 14.5, an average of 144.4 g/kWh at an angle of 13.8, an average of 157.4 g/kWh at an angle of 13.7, and an average of 178.4 g/kWh at an angle of 13.5. For city use as it has greater power (11.72 Hp) and greater torque compared to the other grove angles (8.79). This
results in higher fuel consumption and an average efficiency of 125.4 g/kWh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL440 Motorcycles. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | AJUSTA ANANTA YOGARIZKI |
Date Deposited: | 04 Aug 2024 13:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:47 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/112080 |
Actions (login required)
View Item |