Analisis Percepatan Waktu dan Biaya dengan Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (TCTO) pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Paket 1 (Seksi 1)

Iryansyah, Muhammad Rizal Affan (2024) Analisis Percepatan Waktu dan Biaya dengan Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (TCTO) pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Paket 1 (Seksi 1). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035201119-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2035201119-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Paket 1 (Seksi 1) adalah salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki panjang 8,8 km yang dimulai dari STA 67+500 sampai dengan STA 76+300 (Banyurejo-Yogyakarta). Lingkup pekerjaan pada proyek pembangunan jalan tol ini diantaranya adalah pekerjaan main road 8.8 km (at-grade & elevated), pekerjaan jalur akses Banyurejo 2,3 km, dan interchange Banyurejo. Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Paket 1 (Seksi 1) mempunyai nilai kontrak sebesar Rp3.475.955.051.000,00 (termasuk PPN 11%). Pelaksanaan proyek ini direncanakan selama 730 hari kalender yang dimulai pada Bulan Mei 2022 dan direncanakan akan rampung pada Bulan Mei 2024. Namun, pada pelaksanaannya, progres realisasi dari Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Paket 1 (Seksi 1) per-bulan Oktober 2023 yaitu 49,7%. Sedangkan menurut kurva S rencana, seharusnya pada bulan Oktober 2023 progres rencananya adalah 91,63%. Deviasi dari progres tersebut sebesar -41,93%. Oleh karena itu, diperlukan dilakukannya analisis dengan membuat penjadwalan baru berdasarkan volume pekerjaan yang tersisa menggunakan metode percepatan Time Cost Trade Off (TCTO).
Metode Time Cost Trade Off (TCTO) merupakan suatu metode dengan cara memampatkan item-item pekerjaan dengan beberapa skenario untuk mendapatkan efisienitas yang lebih baik dari segi waktu (durasi), dan juga dari segi biaya, sehingga total pengeluaran proyek apabila terkena denda akibat molornya proyek dapat diminimalisir. Perhitungan analisis percepatan yang digunakan terdapat dua skenario, yaitu penambahan jumlah pekerja dan penambahan jumlah alat berat. Skenario-skenario tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tiap item pekerjaan yang nantinya akan dipercepat. Upaya percepatan ini dilakukan dengan beberapa kali iterasi guna mendapatkan hasil yang optimum. Penyusunan dalam penjadwalan percepatan digunakan metode Precedence Diagram Method (PDM) dengan bantuan software Ms. Project.
Pasca dilakukannya sekitar beberapa kali percepatan, akhirnya didapatkan hasil percepatan pada iterasi 7 yang menghasilkan durasi dan biaya paling efisien. Untuk rinciannya adalah total durasi pekerjaan yang awalnya adalah 29,5 bulan dapat dipercepat menjadi 26,5 bulan yang memiliki efisiensitas sebesar 10,169% dan total biaya yang dihasilkan setelah percepatan tersebut adalah Rp3.634.796.917.000,00 yang mempunyai efisiensitas sebesar 0,4098% dari biaya normal yang mempunyai nilai Rp3.649.752.803.000,00.
===================================================================================================================
The Construction of Yogyakarta-Bawen Toll Road Package 1 (Section 1) is one of the National Strategic Projects (PSN) which has a length of 8.8 km starting from STA 67+500 to the STA 76+300 (Banyurejo-Yogyakarta). The scope of work for this toll road construction includes 8.8 km main road (at-grade & elevated), 2.3 km Banyurejo access route, and the Banyurejo interchange. The Construction of Yogyakarta-Bawen Toll Road Package 1 (Section 1) has a contract value of Rp3.475.955.051.000,00 (including 11% VAT). Implementation of this project is planned for 730 calendar days starting in May 2022 and is planned to be completed in May 2024. However, in its implementation, the progress of realization of the Yogyakarta-Bawen Toll Road Construction Package 1 (Section 1) as of October 2023 is 49,7%. Meanwhile, according to the plan's S curve, in October 2023 the plan's progress should be 91,63%. The deviation from this progress is -41.93%. Therefore, it is necessary to carry out an analysis by creating a new schedule based on the remaining work volume using the accelerated Time Cost Trade Off (TCTO) method.
The Time Cost Trade Off (TCTO) method is a method of compressing work items with several scenarios to obtain better efficiency in terms of time (duration) and also in terms of costs, so that the total project expenditure and even if there are fines due to delays the project can be minimized. The acceleration analysis calculations used are two scenarios, namely increasing the number of workers and increasing the number of heavy equipment. These scenarios must be adapted to the needs of each work item that will later be accelerated. This acceleration effort was carried out in several iterations to obtain optimum results. The acceleration scheduling method uses the Precedence Diagram Method (PDM) with the help of Ms. Project software platform.
After carrying out several accelerations, acceleration results were obtained in iteration 7 which resulted in the most efficient duration and costs. The details are that the total duration of work which was initially 29.5 months can be accelerated to 26,5 months which has an efficiency of 10,169% and the total cost generated after this acceleration is Rp3.634.796.917.000,00 which has an efficiency of 0,4098% of normal costs, which has a value of Rp3,649,752,803,000.00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Time Cost Trade Off (TCTO), Percepatan Waktu, Biaya, Manajemen Konstruksi, Ms. Project, Time Cost Trade Off (TCTO), Time Acceleration, Cost, Construction Management, Ms. Project
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Muhammad Rizal Affan Iryansyah
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:24
Last Modified: 12 Aug 2024 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112476

Actions (login required)

View Item View Item