Pengembangan Desain Tas Ransel Dengan Konsep Expandable Untuk Pelajar Sekolah Menengah

Ariyohan, Karenia Vinasih Dwi (2024) Pengembangan Desain Tas Ransel Dengan Konsep Expandable Untuk Pelajar Sekolah Menengah. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028201046-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5028201046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat telah mendorong pemerintah Indonesia untuk terus meningkatkan standar mutu pendidikan guna menghadapi tantangan global di era modern saat ini. Sebagai langkah responsif, dilakukan transformasi pada kurikulum pendidikan untuk meningkatkan dan memperkaya kemampuan dan keterampilan murid. Setiap harinya murid menghadapi jadwal kegiatan sekolah yang beragam dan padat, sehingga perlu untuk membawa perlengkapan sekolah yang sesuai dengan jadwal agendanya. Tas bukan lagi hanya sekadar aksesoris, melainkan menjadi kebutuhan penting bagi murid dalam menunjang aktivitas sehari-hari, baik itu dalam perjalanan, belajar, ekstra kurikuler, bekerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, kebutuhan akan tas yang mendukung dan memadai secara optimal menjadi bagian penting dari kegiatan sehari-hari para murid. Dalam menghadapi tantangan global dan meningkatkan standar mutu pendidikan, pemerintah Indonesia telah melakukan transformasi kurikulum untuk meningkatkan keterampilan murid yang menghadapi jadwal sekolah padat dan beragam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain tas ransel sekolah inovatif dengan fitur expandable yang dapat memperbesar dan memperkecil volume sesuai kebutuhan, memenuhi kebutuhan praktis dan estetis siswa sekolah menengah di Indonesia dengan kurikulum full day school. Metode penelitian mencakup analisis bisnis dan konsep desain yang detail, serta pengumpulan data melalui observasi dan survei. Hasilnya menunjukkan bahwa tas ransel expandable, yang belum banyak diterapkan pada produk lokal, meningkatkan fungsionalitas dan mendukung berbagai aktivitas pelajar, menjadikannya solusi efektif dan efisien untuk kebutuhan dinamis sehari-hari.
=================================================================================================================================
The rapid development of time and technological advancements have driven the Indonesian government to continually improve the quality of education to address the global challenges of the modern era. As a responsive step, the education curriculum has undergone transformation to enhance and enrich the abilities and skills of students. Every day, students face a diverse and packed school schedule, necessitating the need to carry school equipment that matches their daily agendas. Backpacks are no longer just accessories, but essential needs for students to support their daily activities, whether during travel, learning, extracurricular activities, work, and so on. Therefore, the demand for a supportive and optimal backpack becomes a crucial part of student’s daily activities. Hence, the author designs a school backpack that meets the needs of senior high school students. Not only does it meet practical needs, but also aesthetic needs for senior high school students in Indonesia who commonly apply the full-day school system in implementing learning activities at school. Through detailed business analysis and design concepts presented in the research framework, the addition of an expandable feature that can increase and decrease the volume of the school backpack is expected to enhance its functional value, allowing it to better meet students' needs. This expandable concept is also expected to support various activities and ongoing needs that are dynamic and long-term for junior high school students in all situations and conditions.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tas Sekolah, Sekolah Menengah, Expandable, School bag, High School
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Karenia Vinasih Dwi Ariyohan
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:22
Last Modified: 19 Aug 2024 01:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113906

Actions (login required)

View Item View Item