Kuntari, Palupi Dwi (2024) Semiotika Interior pada Bangunan Komersial Berlanggam Kolonial di Kabupaten Tulungagung sebagai Salah Satu Pertimbangan Keputusan Berkunjung. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6029231015-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semiotika interior pada bangunan komersial berlanggam kolonial di Kabupaten Tulungagung dan pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung. Bangunan komersial tersebut merupakan hasil transformasi bangunan lama tidak terpakai yang masih terpengaruh oleh arsitektur kolonialisme menjadi bangunan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini tanpa menghilangkan ciri khas dan nilai historisnya. Penelitian ini menggunakan teori semiotika untuk menganalisis elemen-elemen pembentuk ruang dan karakter langgam kolonial pada bangunan komersial tersebut dan menganalisis hubungannya dengan keputusan berkunjung konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan analisis semiotika dan analisis korelasi. Tahap pertama adalah melakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika. Tahap kedua adalah melakukan penelitian kuanitatif dengan menggunakan metode survei kepada responden yang berpotensi mengunjungi bangunan komersial berkonsep arsitektur kolonialisme di Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan ilmu pariwisata dan bisnis, khususnya dalam hal memahami preferensi dan perilaku konsumen. Penelitian ini juga dapat memberikan masukan bagi pengelola bangunan komersial berlanggam kolonial untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan keputusan berkunjung.
==================================================================
This research aims to investigate the interior semiotics of commercial buildings with a colonial style in Tulungagung Regency and its influence on visiting decisions. The commercial buildings are the result of transforming unused old buildings that are still influenced by colonial architecture into buildings that suit the current needs without losing their distinctive features and historical values. The research employs semiotic theory to analyze the elements that shape the spatial and stylistic characteristics of colonial-themed commercial buildings. Additionally, it investigates the relationship between these features and consumer visitation decisions. The study adopts a mixed-methods research approach, combining semiotic analysis with correlation analysis. The first stage involves qualitative research using semiotic analysis. The second stage employs quantitative research through surveys targeting potential visitors to colonial-themed commercial buildings in Tulungagung Regency. The results of this study are expected to provide theoretical and practical contributions for the development of tourism and business sciences, especially in terms of understanding the consumer preferences and behavior. This study can also provide input for the management of commercial buildings with a colonial architecture concept to improve service quality and customer satisfaction, thereby increasing visitation decisions.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | semiotika interior, langgam arsitektur kolonial, keputusan berkunjung, interior semiotics, colonial architecture style, visiting decisions |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90021-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Palupi Dwi Kuntari |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 09:33 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 09:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/114239 |
Actions (login required)
View Item |