OPTIMASI POSISI TOWER CRANE BERBASIS GENETIKA ALGORITMA PADA PROYEK APARTEMEN BELLA TOWER 3 SURABAYA

Santosa, Febrian Aditama and Adi, Tri Joko Wahyu (2024) OPTIMASI POSISI TOWER CRANE BERBASIS GENETIKA ALGORITMA PADA PROYEK APARTEMEN BELLA TOWER 3 SURABAYA. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of Draft Tesis Final Febrian - no lampiran proyek.pdf] Text
Draft Tesis Final Febrian - no lampiran proyek.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kebutuhan lahan di Surabaya mendorong pembangunan vertikal, menjadikan penggunaan tower crane dalam proyek konstruksi semakin krusial. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan posisi tower crane pada Proyek Apartemen Bella Tower 3 Surabaya menggunakan pemodelan berbasis algoritma genetika. Fokus penelitian meliputi memastikan pelayanan ke seluruh titik permintaan, mengurangi waktu kerja tower crane, dan menganalisa efektivitas biaya optimasi. Metode penelitian mencakup analisa waktu pergerakan tower crane (hoisting, slewing, dan trolleying) serta perhitungan biaya operasional (bahan bakar, sewa alat, dan gaji pekerja). Penelitian ini terbatas pada optimalisasi posisi satu tower crane di Apartemen Bella Tower 3, dengan asumsi posisi optimal tidak mengganggu struktur bangunan. Muatan yang dipertimbangkan meliputi material utama seperti besi tulangan, beton segar, dinding pra-cetak, dan bata ringan, dengan analisa aliran material satu arah dari titik suplai ke titik permintaan. Tahapan penelitian meliputi penetapan asumsi, pemurnian area penelitian dan area pencarian, pemurnian data kuantitas material, analisa feasible task area dan grafik radius tower crane, analisa numerik, analisa algoritma genetika, analisa sensitivitas, dan validasi model.
Hasil penelitian menunjukkan optimasi posisi tower crane dapat menghemat waktu kerja sebesar 6,24%, dari 9.513.877,31 menit menjadi 8.919.786,72 menit. Dari segi biaya, optimasi menghasilkan penghematan 15,95%, dari Rp.91.917.077.086 menjadi Rp.77.257.562.077. Penghematan ini terjadi akibat berkurangnya durasi penggunaan diesel, penyewaan alat, dan jam kerja pekerja. Penelitian ini memberikan manfaat praktis sebagai dasar pengambilan keputusan dalam penempatan tower crane pada proyek konstruksi dan dapat menjadi model untuk penelitian selanjutnya. Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pemodelan keputusan dalam persamaan matematika untuk algoritma genetika dan memperkaya literatur terkait optimasi lokasi tower crane.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Febrian Aditama Santosa
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:12
Last Modified: 07 Aug 2024 01:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114382

Actions (login required)

View Item View Item