Studi Desain Sistem Kelistrikan Kendaraan Bermotor BLDC Ringan 1000 Watt dengan Memanfaatkan Hydrogen-Fuel Cell

Sabilillah, MH. Galang (2022) Studi Desain Sistem Kelistrikan Kendaraan Bermotor BLDC Ringan 1000 Watt dengan Memanfaatkan Hydrogen-Fuel Cell. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111840000033-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111840000033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kendaran listrik dengan memanfaatkan hydrogen sebagai bahan bakar dengan bantuan teknologi fuel cell merupakan sebuah inovasi yang akan sangat berguna untuk kehidupan lingkungan yang lebih sehat. Pemodelan kelistrikan pada kendaraan listrik ini dirangkai sedemikian rupa dengan menggunakan beberapa rangkaian elektronika seperti fuel cell, converter, inverter dan juga pembebanan oleh motor BLDC. Tegangan dan arus input dari fuel cell akan dialirkan langsung kepada converter yang bertipe buck-boost, hal itu dikarenakan dalam kendaraan listrik ini akan dipasang baterai dua arah (bidirectional) sebagai penyimpan energi dan juga sebagai membantu mengeluarkan energi apabila diperlukan untuk ketika motor memerlukan tambahan daya. Kemudian karakteristik arus dari converter diubah dari yang awalnya berupa arus berkarakteristik DC menjadi arus dengan karakteristik AC oleh inverter dengan tipe Three-Phases Six-Wires dengan topologi full bridge yang kemudian akan mengahasilkan tiga buah aliran arus dari enam mosfet yang terdapat pada inverter. Ketiga arus tersebut akan mengaliri stator pada motor BLDC yang kemudian menimbulkan medan magnet pada stator untuk memutar rotor setelah medan magnet memoton medan jangkar yang ditimbulkan oleh arus pada rotor. Arus yang berasal dari inverter baik besar maupun waktu pengaliran arus secara bergantian akan diatur oleh commutation logic dan juga gate pulse yang memberikan perintah terhadap ke enam mosfet untuk melakukan switch pada arus. Daya Motor BLDC sendiri nantinya akan dipilih sebesar 15% dari daya beban, seperti berat beban total kendaraan (dua penumpang, body kendaraan, berat baterai dan juga berat tangka hydrogen), selain itu kendaraan ini juga memperhitungkan luas permukaan dengan gesekan udara yang dialami, gaya gesek dengan aspal, hingga kecepatan dan percepatan yang diminta.
===================================================================================================================================
Using hydrogen as a fuel for electric vehicles is an innovation that will help create a healthier environment by using fuel cells. In electric vehicles, electrical modeling is done by combining several electronic circuits, such as fuel cells, converters, inverters, and BLDC motors for loading. A buck-boost type converter is directly connected to the input voltage and current from the fuel cell, since in this electric vehicle a bidirectional battery will be installed as an energy store and also to help release power when the motor requires more power. Eventually, the current characteristics of the converter are converted from DC to AC by a Three Phase Six-Wire Inverter with a full bridge topology which will produce three current flows from the six MOSFETs contained in the inverter. The three currents in the BLDC motor flow through the stator, which creates a magnetic field that rotates the rotor after the magnetic field cuts off the armature field derived from the current in the rotor. The current from the inverter, both large and when the current flows alternately, will be controlled by commutation logic and a gate pulse that controls the six mosfets to switch the current. A BLDC motor will be selected at a rate of 15% of the load power, which includes the weight of the vehicle (two passengers, the body, the battery, and the hydrogen tank); furthermore, it considers the friction with air and the friction with asphalt, as well as the required speed and acceleration.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 629.229 3 Sab s-1 2022
Uncontrolled Keywords: Fuel Cell, Buck-Boost Konverter, Six-Wires Three-Phases Inverter, PID Controller, Commutation Logic, Gate Pulse, Motor BLDC, Simulink
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2931 Fuel cells
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:59
Last Modified: 12 Sep 2024 05:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115536

Actions (login required)

View Item View Item