Analisis Variabel Perancangan Konten Digital Untuk Memaksimalkan Pemasaran Digital Dalam Meningkatan Brand Awareness Pada Perusahaan B2B Bidang Jasa Survei

Ramadhan, M Rahmat Akbar (2024) Analisis Variabel Perancangan Konten Digital Untuk Memaksimalkan Pemasaran Digital Dalam Meningkatan Brand Awareness Pada Perusahaan B2B Bidang Jasa Survei. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950095010__rahmat akbar__AB (Final Revision).pdf] Text
09211950095010__rahmat akbar__AB (Final Revision).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan platform digital sebagai wadah pemasaran dan promosi produk sangat umum saat ini. Lebih dari itu, platform digital juga digunakan untuk meningkatkan Brand Awareness suatu produk atau perusahaan. Pemanfaatan konten digital cenderung lebih digunakan oleh model bisnis B2C untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis penggunaan konten digital pada model bisnis B2B. Pengemasan konten digital yang baik pada platform digital adalah kunci untuk menarik minat pengguna, didukung oleh strategi pemasaran digital yang efektif. Perancangan konten digital yang sesuai diperlukan untuk mendapatkan interaksi yang baik dari pengguna, berdasarkan kerangka kerja rantai nilai konten digital yang melibatkan penciptaan nilai, interaksi nilai, dan penggunaan nilai. Dalam menentukan variabel yang sesuai dengan aliran nilai konten digital, dilakukan penyebaran kuesioner kepada pengguna konten digital. Data hasil kuesioner diuji menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) untuk mengukur kualitas antar faktor dalam variabel yang saling terhubung serta membantu menggambarkan kekuatan hubungan dalam hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai perancangan konten digital memiliki pengaruh signifikan terhadap strategi pemasaran yang dijalankan. Selain itu, penggunaan strategi pemasaran yang tepat mempengaruhi kesadaran pengguna terhadap brand. Hasil ini menegaskan pentingnya perancangan konten digital berkualitas dan pemilihan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kesadaran brand di kalangan pengguna.
==================================================================================================================================
The use of digital platform s as a medium for marketing and product promotion is very common today. Moreover, digital platform s are also used to enhance a product or company's Brand Awareness. Digital content utilization is more prevalent in B2C business models to boost sales. Therefore, this study analyzes the use of digital content in B2B business models. Effective digital content packaging on a digital platform is key to attracting user interest, supported by an effective and appropriate digital marketing strategy. Proper digital content design is necessary to achieve good user interaction, based on a digital content value chain framework involving value creation, value interaction, and value usage. To determine relevant variables, a questionnaire was distributed to digital content users. The data were analyzed using Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) to measure the quality between interrelated factors and illustrate the strength of the hypothesized relationships. The result shows that the value of digital content design significantly impacts the effectiveness of marketing strategies. Furthermore, the appropriate use of marketing strategies influences user awareness of the brand. These results highlight the importance of quality digital content design and the selection of appropriate marketing strategies to enhance brand awareness among users.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital Platform, B2B Business, Digital Content, Brand Awareness, SEM, Platform Digital, Bisnis B2B, Konten Digital, SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: M. Rahmat Akbar Ramadhan
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:08
Last Modified: 20 Sep 2024 08:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115665

Actions (login required)

View Item View Item