PERENCANAAN DAN TEKNIS PELAKSANAAN JALAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN PADA KAWASAN ALAK KABUPATEN KUPANG

DETHAN, PAUL OKTAVIANUS and RIVAI, MUHAMAD (2016) PERENCANAAN DAN TEKNIS PELAKSANAAN JALAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN PADA KAWASAN ALAK KABUPATEN KUPANG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
31090380083-011-Abstrack.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
31090380083-011-Non Degree.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
31090380083-011-conclusion.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang mempunyai peranan yang sangat penting untuk memperlancar kegiatan perekonomian dan pemerataan hasil pembangunan. Semakin meningkatnya pertumbuhan perekonomian dan perindustrian, dan semakin meningkat jumlah populasi penduduk dari tahun ke tahun akan berdampak pada peningkatan mobilisasi manusia dan barang. Sehingga perlu ditunjangnya prasarana (dalam hal ini jalan ) untuk menunjang berbagai kebutuhan yang diperlukan. Salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dilaksanakan pembangunan jalan pada kawasan Alak Kabupaten Kupang.Permasalahannya adalah bagaimana geometrik jalan yang di rencanakan,berapa tebal dan biaya pembangunan ruas jalan dengan konstruksi lapen dan interblock,dan berapa dimensi saluran tepi nya yang di rencanakan. Tujuan adalah dapat mengetahui geometrik,tebal lapis perkerasan,biaya,dan dimensi saluran tepi dari ruas jalan tersebut.agar setelah di rencanakan dan di kerjakan ruas jalan tersebut dapat di pergunakan untuk memperlancar arus lalulintas serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan. Sebelum pembangunan jalan, perlu di rencanakan ketebalan lapis perkerasan, dengan menyesuaikan kembali perkembangan lalulintas yang memaanfaatkan ruas – ruas jalan tersebut.Lokasi ruas jalan di Kawasan Perumahan RSH (Rumah Sehat Huni), Perumahan Pitoby, serta ruas jalan akses antar perumahan dalam Kawasan Alak dari STA 0+000 s/d STA 3+000 di Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kabupaten Kupang. Perencanaan yang di lakukan berdasarkan bagan alir dari metode perencanaan tebal perkerasan lentur Bina Marga, metode analisa komponen SKBI.2.3.26.1987 UDC : 625.73 (25). Dari hasil perencanaan pembangunan jalan pada kawasan Alak yang dikerjakan dengan metode Analisa Komponen, dan rencana jenis pekerasan adalah Lapen dan Inter block maka di dapat type jalan untuk ruas jalan pada kawasan Alak Kabupaten Kupang adalah 2 lajur 2 arah dengan panjang jalan yang direncanakan 3 Km,lebar badan jalan 5 meter, umur rencana 10 tahun dan termasuk jalan lokal sekunder.Dengan tebal lapis untuk pondasi bawah 10 cm,tebal lapis pondasi atas 20 cm,tebal lapis penetrasi 5 cm.Dan untuk lapis inter block,tebal lapis pondasi bawah 10 cm,tebal lapis pondasi atas 20 cm,tebal pasir pengisi 5 cm,tebal inter block 10 cm,dan bentuk saluran tepi adalah segi empat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.8 Det p
Uncontrolled Keywords: Tebal lapis penetrasi dan inter block
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:58
Last Modified: 26 Dec 2018 07:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item