DETHAN, PAUL OKTAVIANUS and RIVAI, MUHAMAD (2016) PERENCANAAN DAN TEKNIS PELAKSANAAN JALAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN PADA KAWASAN ALAK KABUPATEN KUPANG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
31090380083-011-Abstrack.pdf - Published Version Download (415kB) | Preview |
Preview |
Text
31090380083-011-Non Degree.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Preview |
Text
31090380083-011-conclusion.pdf - Published Version Download (443kB) | Preview |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang
mempunyai peranan yang sangat penting untuk memperlancar
kegiatan perekonomian dan pemerataan hasil pembangunan.
Semakin meningkatnya pertumbuhan perekonomian dan
perindustrian, dan semakin meningkat jumlah populasi
penduduk dari tahun ke tahun akan berdampak pada
peningkatan mobilisasi manusia dan barang. Sehingga perlu
ditunjangnya prasarana (dalam hal ini jalan ) untuk menunjang
berbagai kebutuhan yang diperlukan. Salah satu upaya dalam
mewujudkan hal tersebut adalah dilaksanakan pembangunan
jalan pada kawasan Alak Kabupaten Kupang.Permasalahannya
adalah bagaimana geometrik jalan yang di rencanakan,berapa
tebal dan biaya pembangunan ruas jalan dengan konstruksi
lapen dan interblock,dan berapa dimensi saluran tepi nya yang
di rencanakan. Tujuan adalah dapat mengetahui geometrik,tebal
lapis perkerasan,biaya,dan dimensi saluran tepi dari ruas jalan
tersebut.agar setelah di rencanakan dan di kerjakan ruas jalan
tersebut dapat di pergunakan untuk memperlancar arus
lalulintas serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi
pengguna jalan.
Sebelum pembangunan jalan, perlu di rencanakan
ketebalan lapis perkerasan, dengan menyesuaikan kembali
perkembangan lalulintas yang memaanfaatkan ruas – ruas jalan
tersebut.Lokasi ruas jalan di Kawasan Perumahan RSH (Rumah
Sehat Huni), Perumahan Pitoby, serta ruas jalan akses antar
perumahan dalam Kawasan Alak dari STA 0+000 s/d STA
3+000 di Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kabupaten
Kupang. Perencanaan yang di lakukan berdasarkan bagan alir
dari metode perencanaan tebal perkerasan lentur Bina Marga,
metode analisa komponen SKBI.2.3.26.1987 UDC : 625.73
(25).
Dari hasil perencanaan pembangunan jalan pada
kawasan Alak yang dikerjakan dengan metode Analisa
Komponen, dan rencana jenis pekerasan adalah Lapen dan Inter
block maka di dapat type jalan untuk ruas jalan pada kawasan
Alak Kabupaten Kupang adalah 2 lajur 2 arah dengan panjang
jalan yang direncanakan 3 Km,lebar badan jalan 5 meter, umur
rencana 10 tahun dan termasuk jalan lokal sekunder.Dengan
tebal lapis untuk pondasi bawah 10 cm,tebal lapis pondasi atas
20 cm,tebal lapis penetrasi 5 cm.Dan untuk lapis inter
block,tebal lapis pondasi bawah 10 cm,tebal lapis pondasi atas
20 cm,tebal pasir pengisi 5 cm,tebal inter block 10 cm,dan
bentuk saluran tepi adalah segi empat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.8 Det p |
Uncontrolled Keywords: | Tebal lapis penetrasi dan inter block |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 22 Dec 2016 04:58 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 07:05 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1161 |
Actions (login required)
View Item |