Integrasi Multi-Robot Berbasis ROS Untuk Pembelajaran Robotika

Ibenzani, Muhammad Rasyid (2025) Integrasi Multi-Robot Berbasis ROS Untuk Pembelajaran Robotika. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5024201044-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5024201044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini, eksperimen yang dilakukan bertujuan untuk mengukur tingkat kemudahan sistem menggunakan modul pembelajaran yang dibuat untuk digunakan sebagai metode pembelajaran robotika. Modul pembelajaran robotika dilengkapi dengan tata cara penggunaan sistem multi-robot yang ada di penelitian ini untuk diimplementasikan. Eksperimen dilakukan dengan menghitung waktu dari beberapa skenario yang terdapat pada modul pembelajaran terhadap relawan. Selain itu, relawan diberikan kesempatan untuk memberikan penilaian terhadap kemudahan modul pembelajaran dengan menggunakan skala likert. Data eksperimen diambil dari 10 jumlah relawan, yang tiga diantaranya adalah mahasiswa yang memiliki pengalaman dengan ROS dan tujuh diantaranya adalah mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman dengan ROS. Hasil data eksperimen menunjukkan bahwa nilai median dari waktu pengerjaan subjek di skenario pertama memiliki nilai waktu 12 menit 19 detik untuk subjek yang memiliki pengalaman dengan ROS, dan 15 menit 41 detik untuk subjek yang tidak memiliki pengalaman dengan ROS. Pada skenario kedua subjek yang memiliki pengalaman dengan ROS memiliki nilai median dari waktu pengerjaan 7 menit 11 detik, dan 9 menit 21 untuk subjek yang tidak memiliki pengalaman dengan ROS. Terakhir, pada skenario ketiga subjek yang memiliki pengalaman dengan ROS memiliki nilai median waktu pengerjaan sebanyak 6 menit 33 detik, dan 6 menit 53 detik untuk subjek yang tidak memiliki pengalaman dengan ROS. Nilai median menunjukkan perbedaan selisih waktu pengerjaan antara kedua jenis subjek adalah 3 menit 21 detik untuk skenario pertama, 2 menit 10 detik untuk skenario kedua, dan 20 detik untuk skenario ketiga. Penilaian yang dilakukan oleh relawan berdasarkan skala likert diberikan nilai 4 untuk ketujuh subjek yang tidak memiliki pengalaman dengan ROS. Salah satu, subjek yang memiliki pengalaman dengan ROS memberikan nilai 3, dengan sisanya memberikan nilai 4. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi wawasan terhadap sistem multi-robot serta memberikan pembelajaran robotika yang efektif dan mudah untuk dimengerti.
==============================================================================================================================
In this research, the experiments conducted aim to measure the ease of the system using the learning module created to be used as a method for robotics education. The robotics learning module is equipped with procedures for using the multi-robot system present in this study for implementation. The experiments were carried out by measuring the time taken for several scenarios outlined in the learning module. The experimental data were collected from 10 volunteers, three of whom were students with experience in ROS, while seven had no experience with ROS. The results of the experimental data show that the median time for subjects in the first scenario was 12 minutes and 19 seconds for those with ROS experience, and 15 minutes and 41 seconds for those without. In the second scenario, subjects with ROS experience had
a median completion time of 7 minutes and 11 seconds, while those without experience took 9 minutes and 21 seconds. Finally, in the third scenario, subjects with ROS experience had a median completion time of 6 minutes and 33 seconds, compared to 6 minutes and 53 seconds for those without experience. The median values indicate a time difference of 3 minutes and 21 seconds for the first scenario, 2 minutes and 10 seconds for the second scenario, and 20 seconds for the third scenario between the two types of subjects. The assessment conducted by the volunteers based on the Likert scale was rated 4 by all seven subjects without experience in ROS. One of the subjects with ROS experience gave a rating of 3, while the rest gave a rating of 4. This study is expected to contribute insights into multi-robot systems and provide effective and easily understandable robotics learning.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Robotics Education, Multi-Robot System, ROS, Pembelajaran Robotika, Sistem Multi-robot, ROS
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ211 Robotics.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Rasyid Ibenzani
Date Deposited: 01 Feb 2025 23:34
Last Modified: 01 Feb 2025 23:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117512

Actions (login required)

View Item View Item