Timotius, Toga Jason (2022) Analisis Pengaruh Variasi Tegangan Terhadap Struktur Mikro Dan Sifat Mekanik Hasil Pengelasan Butt Joint Pada Baja S355J2 Dan S355JR Menggunakan Metode Las GMAW. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
02511840000139-undergraduate_thesis.pdf Download (15MB) |
Abstract
Mode transportasi yang memadai merupakan hal yang sangat penting untuk pengembangan suatu wilayah. Salah satu mode transportasi yang dapat menunjang peningkatan produktivitas suatu wilayah adalah kereta api. Untuk memenuhi permintaan kereta api yang terus meningkat, diperlukan inovasi dan penelitian dalam produksi setiap komponen kereta api agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Oleh karena itu, perlu ditekankan pentingnya peningkatan optimalisasi produksi kereta api, khususnya dalam proses pengelasan perakitan kereta api. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variasi tegangan terhadap struktur mikro dan sifat mekanik pengelasan Gas Metal Arc Welding pada baja S355 J2 dan S355JR. Metode Gas Metal Arc Welding digunakan untuk mengelas baja S355J2 dan S355JR dengan filler ER70S-6 pada sudut kampuh V 60° dan travel speed sebesar 27-32 cm/min. Variasi tegangan penelitian ini adalah 28 V, 30 V, dan 32 V dengan arus 240 A, dan penelitian ini dilengkapi dengan pengujian NDT ultrasonik, uji tarik, kekerasan, dan metalografi. Hasil dari pengujian NDT Ultrasonik menandakan seluruh material uji dari tiap tipe dan variasi dinyatakan diterima dan dapat melanjutkan pengujian. Pada hasil pengujian metalografi, baja S355JR dan S355J2 menunjukkan fasa yang dominan menyusun daerah pengelasan adalah fasa ferrite dan pearlite. Fase ferrite cukup dominan untuk menyusun daerah weld metal dan base metal dari baja tersebut. Sedangkan pada daerah HAZ fasa pearlite yang terdeteksi mengalami peningkatan dibanding dengan base metal. Selanjutnya pada hasil pengujian kekerasan diperoleh nilai kekerasan vickers yang paling tinggi ada pada daerah HAZ dibanding weld metal dan base metal pada perbandingan tiap daerah di kedua baja tersebut. Nilai kekerasan pada kedua daerah tersebut mengalami tren peningkatan dan penurunan seiringnya kenaikan tegangan. Nilai kekerasan tertinggi HAZ diperoleh dengan menggunakan variasi 30 V pada baja S355J2 sebesar 239,33 VHN dan kekerasan tertinggi weld metal diperoleh dengan menggunakan variasi 30 V 243,33 VHN. Pada hasil pengujian tarik, Nilai Ultimate Tensile Strength terbesar diperoleh material S355JR dengan variasi tegangan 30 V dengan nilai sebesar 528,89, pada Yield Strength diperoleh nilai tertinggi pada S355J2 dengan variasi 30 V dengan nilai sebesar 389,75 MPa untuk Elongation tertinggi diperoleh S355J2 dengan variasi voltase 28 V dengan nilai 35,68%. Material dan variasi paling optimal untuk digunakan adalah baja S355J2 dengan variasi 30 V.
================================================================================================================================
An adequate mode of transportation is very important for the development of a region. One of the modes of transportation that can support an increase in the productivity of a region is the train. To meet the increasing demand for trains, innovation and research are needed in the production of each train component in order to produce quality products. Therefore, it is necessary to emphasize the importance of increasing the optimization of train production, especially in the welding process of train assembly. The purpose of this study was to analyze the effect of voltage variations on the microstructure and mechanical properties of Gas Metal Arc Welding on S355J2 and S355JR steels. The Gas Metal Arc Welding method is used to weld S355J2 and S355JR steel with filler ER70S-6 at an angle of V 60° and a travel speed of 27-32 cm/min. The voltage variations in this study were 28 V, 30 V, and 32 V with a current of 240 A, and this research was equipped with ultrasonic NDT testing, tensile testing, hardness, and metallography. The results of the Ultrasonic NDT test indicate that all test materials of each type and variation are accepted and can continue testing. In the metallographic test results, S355JR and S355J2 steels show that the dominant phases that make up the welding area are ferrite and pearlite phases. The ferrite phase is dominant enough to form the weld metal and base metal regions of the steel. Meanwhile, in the HAZ region, the detected pearlite phase increased compared to the base metal. Furthermore, on the results of hardness testing, the highest Vickers hardness value is found in the HAZ area compared to weld metal and base metal in the comparison of each area in the two steels. The hardness values in both areas experienced an increasing and decreasing trend with the increase in voltage. The highest hardness value of HAZ was obtained using a variation of 30 V on S355J2 steel of 239.33 VHN and the highest hardness of weld metal was obtained using a variation of 30 V 243.33 VHN. In the tensile test results, the largest Ultimate Tensile Strength value is obtained by S355JR material with a voltage variation of 30 V with a value of 528.89, in Yield Strength the highest value is obtained at S355J2 with a variation of 30 V with a value of 389.75 MPa for the highest Elongation obtained S355J2 with a voltage variation of 28 V with a value of 35.68%. The most optimal material and variation to use is S355J2 steel with a variation of 30 V.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMt 671.52 Tim a-1 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Baja S355J2, Baja S355JR, Gas Metal Arc Welding, Tegangan Gas Metal Arc Welding, S355J2 Steel, S355JR Steel, Voltage |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:03 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:03 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |