Yangindrajat, Demas (2022) Optimasi Profil Slot Untuk Meingkatkan Efisiensi Daya Whm 1.5KW. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6007201002-Master_Thesis.pdf Download (4MB) |
Abstract
Wheel Hub Motor (WHM) merupakan komponen yang paling penting pada E-Scooter. Komponen tersebut sebagai aktuator pada kendaraan electrik. Pada Wheel Hub Motor yang sudah dipasaran mempunyai banyak variasi untuk memasang tire, diantaranya dengan velg terpisah yang disambungkan dengan ruji dan juga pemasangan roda yang sudah build in dengan velg. Penelitian dan pengembangan WHM telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Terdapat Wheel Hub Motor dengan kapasitas 100w dan yang lebih dari 10.000w. Semakin besar daya motor maka semakin cepat pula baterai habis. Di ITS telah dilakukan pengembangan sepeda motor listrik. Hasil yang didapat masih belum sesuai karena baterai cepat drop. Pada penelitian ini dikembangkan Eelctric Hub Motor 1.5KW dengan mendesain ulang bentuk slot stator dan casing WHM untuk menghasilkan Automatic Charging seperti sepeda motor yang ada saat ini. Casing merupakan bagian yang terluar dari WHM, fungsinya untuk melindungi bagian kumparan motor dari debu dan percikan air. Selain itu Casing WHM juga berfungsi sebagai penghubung menuju roda. Pemilihan bentuk slot dilakukan menggunakan ANN (Artificial Neural Network). Parameter dibuat dan diubah bedasarkan hasil simulasi dari Ansys Maxwell. Nilai terbaik digunakan untuk menentukan bentuk slot dari WHM 1.5KW yang baru.Dari penelitian ini menghasilkan casing WHM dengan Automatic Charging baterai. Kekuatan WHM, dan life time baterai telah dibandingkan dengan WHM yang sudah ada. Dari hasil simulasi didapatkan nilai efisiensi pada WHM 1.5KW sebesar 94% pada saat kecepatan 405 RPM. Pengujian dilakukan menggunakan dyno memiliki peningkatan daya, torsi dan kecepatan pada WHM 1.5KW baru. WHM 1.5KW baru terintegrasi dengan AFPMSG menghasilkan nilai tegangan 24 volt AC saat kecepatan 1000rpm. Namun kecepatan maksimum pada WHM adalah 380RPM sehingga tegangan yang dikeluarkan dibawah 5 volt.
===================================================================================================================================
Wheel Hub Motor (WHM) is the most important component in the E-Scooter. These components are actuators in electric vehicles. The Wheel Hub Motor on the market has many variations for installing tires, including separate wheels that are connected to spokes and also the installation of wheels that have been built in with the wheels. Research and development of WHM has been carried out by previous researchers. There is a Wheel Hub Motor with a capacity of 100w and more than 10,000w. The greater the power of the motor, the faster the battery runs out. At ITS, the development of electric motorcycles has been carried out. The results obtained are still not appropriate because the battery drops quickly. In this study, a 1.5 KW Electric Hub Motor was developed by redesigning the shape of the stator slot and WHM casing to produce Automatic Charging like the current motorcycle. The casing is the outermost part of the WHM, its function is to protect the motor coil from dust and water splashes. In addition, the WHM casing also functions as a liaison to the wheels. The selection of slot shapes is done using ANN (Artificial Neural Network). Parameters are created and modified based on the simulation results from Ansys Maxwell. The best value is used to determine the slot shape of the new 1.5KW WHM. This research resulted in a WHM casing with Automatic Charging battery. WHM strength, and battery life time have been compared with existing WHMs. From the simulation results, the efficiency value at 1.5KW WHM is 94% at 405 RPM speed. Tests carried out using a dyno have increased power, torque and speed on the new 1.5KW WHM. The new 1.5KW WHM integrated with AFPMSG produces a rated voltage of 24volt AC at 1000rpm. However, the maximum speed at WHM is 380RPM so that the output voltage is below 5 volts.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTM 629.248 Yan o-1 2022 |
Uncontrolled Keywords: | E-Scooter, Wheel Hub Motor 1.5KW, Profil Slot, Automatic Charging |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL270 Automobiles--Wheels--Alignment. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 01:43 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 01:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |