Nainggolan, Randy Martua (2022) Studi Analisis Potensi Energi Sistem Regenerative Brake Dan Kerja Motor Listrik Pada Toyota Calya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
02111640000165-Undergraduate_Thesis.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kebutuhan minyak bumi semakin meningkat, sedangkan persediaan minyak bumi semakin lama semakin menipis. Pada tahun 2016, konsumsi minyak bumi di Indonesia mencapai angka 1.6 juta barrel per hari dan akan semakin meningkat setiap tahunnya. Populasi yang semakin banyak meningkatkan kebutuhan akan kendaraan sehingga hampir semua orang mempunyai kendaraan. Bukan hanya itu, polusi akibat dampak konsumsi minyak bumi yang tinggi sangat merusak lingkungan dan berbahaya bagi tubuh manusia. Beralih ke mobil listrik merupakan salah satu solusi yang baik, mengingat mobil listrik tidak menggunakan minyak bumi dan aman dari polusi. Selain itu penggunaan mobil listrik dinilai lebih efisien dan lebih canggih dibandingkan mobil konvensional yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Dalam penggunaannya dalam kota, mobil akan sangat sering melakukan pengereman. Akibatnya energi yang telah diberikan pada sistem penggerak akan terbuang sia sia dan mobil menjadi kurang efisien. Proses regenerative brake merupakan sistem yang dapat menyalurkan kembali energi yang terbuang hasil pengereman untuk disimpan kedalam baterai. Sehingga mobil menjadi lebih efisien dalam penggunaan energi nya. Pada penelitian kali ini mobil toyota calya yang telah dikonversi menjadi mobil listrik akan dianalisis proses unduh energinya. Besarnya nilai, efisiensi dan kontribusi regenerative toyota calya akan dihitung dan dianalisa. Selain itu dianlisis berapa besarnya rentang rasio transmisi dan efisiensi dari daerah kerja motor listrik. Menggunakan data dari driving cycle nya, besasrnya total gaya hambat akan dihitung. Gaya hambat yang dihitung antara lain gaya hambat rolling, gaya hambat drag dan gaya hambat inersia. Kemudian menghitung besarnya RHP kendaraan dan RHP regenerative. Setelah itu menghitung besarnya nilai regenerative pengereman, efisiensi dan kontribusinya. Kemudian dihitung berapa besarnya rentang rasio kendaraan dan efisiensi dari daerah kerja motor listriknya. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan besarnya energi regenerative dari kendaraan pada kondisi perkotaan sebesar 0.35 kWh dan energi regenerative pada kondisi jalan tol sebesar 0.273. Besarnya kontribusi regenerative brake yang didapat pada driving cycle kondisi perkotaan adalah sebesar 60% dan kontribusi regenerative brake pada kondisi jalan tol adalah sebesar 42.8 %. Efisiensi regenerative brake pada kondisi perkotaan adalah sebesar 51.8 % dan efisiensi regenerative brake pada kondisi jalan tol adalah sebesar 23.6 %. Rentang ratio transmisi kendaraan pada driving cycle kondisi perkotaan adalah sebesar 0.8 – 4.39 dengan efisiensi daerah kerja motor listrik sebesar 78 – 93% dan pada kondisi jalan tol sebesar 0.75 – 3.98 dengan efisiensi efisiensi daerah kerja motor listrik sebesar 89 – 92%.
=================================================================================================================================
The need for petroleum increases with the increasing use of oil-fueled vehicles, while the supply of petroleum is getting depleted. In 2016, oil consumption in Indonesia reached 1.6 million barrels per day and will increase every year. The increasing population increases the need for vehicles so that almost everyone owns a vehicle. Not only that, pollution due to the impact of high oil consumption is very damaging to the environment and harmful to the human body. Switching to an electric car is a good solution, considering that electric cars do not use petroleum and are safe from pollution. In addition, the use of electric cars is considered more efficient and more sophisticated than conventional cars that still use fossil fuels. In its use in the city, the car will brake very often. As a result, the energy that has been given to the drive system will be wasted and the car becomes less efficient. The regenerative brake process is a system that can redistribute the wasted energy from braking to be stored in the battery. So that the car becomes more efficient in its energy use. In this study, the Toyota Calya vehivle which has been converted into an electric car will be analyzed for its energy download process. The value, efficiency and regenerative contribution of the Toyota Calya will be calculated and analyzed. In addition, it is analyzed how large the range of the transmission ratio and the efficiency of the electric motor work area. Using the data from the driving cycle, the total drag will be calculated. The calculated drag includes rolling drag, drag drag and inertial drag. Then calculate the amount of vehicle RHP and regenerative RHP. After that calculate the value of regenerative braking, efficiency and contribution. Then it is calculated how large the range of vehicle ratios and the efficiency of the electric motor work area is. The result of this research is that the amount of regenerative energy from vehicles in urban conditions is 0.35 kWh and regenerative energy in toll road conditions is 0.273. The contribution of regenerative brakes obtained in the driving cycle in urban conditions is 60% and the contribution of regenerative brakes in toll road conditions is 42.8%. The efficiency of the regenerative brake in urban conditions is 51.8% and the efficiency of the regenerative brake on toll road conditions is 23.6%. The vehicle transmission ratio range on the driving cycle in urban conditions is 0.8 - 4.39 with an electric motor working area efficiency of 78 - 93% and on a toll road condition of 0.75 - 3.98 with an electric motor working area efficiency of 89 - 92%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.229 3 Nai s-1 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Toyota Calya, regenerative brake, daerah kerja motor, efisiensi motor, regenerative brake, motor work area, motor efficiency |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL448 Electric motorcycles |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 05:49 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 05:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |