Rahman, Muhammad Husnir (2022) Analisa Numerik Karakteristik Aliran Udara Pada Minibus Dan Implikasinya Pada Penyebaran Virus Covid-19. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
02111840000161-Undergraduate Thesis.pdf Download (10MB) |
Abstract
Adanya pandemi virus Covid-19 yang dimulai sejak akhir tahun 2019 telah menyebabkan meningkatnya kasus kematian. Banyaknya kasus kematian ini selain disebabkan oleh virus Covid-19 yang menyerang saluran pernapasan, juga disebabkan oleh cepatnya penyebaran virus Covid-19. Media penyebaran virus Covid-19 yang utama adalah melalui aerosol atau droplet yang dikeluarkan saat manusia berbicara dan bernafas. Oleh sebab itu, guna mencegah penularan covid-19 protokol kesehatan yang ketat wajib diterapkan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan membatasi interaksi sosial. Salah satu interaksi sosial yang sering terjadi adalah di saat sekelompok orang berada di dalam ruangan mobil, dimana terdapat skenario dimana terdapat dua orang atau lebih yang berada di dalam satu kabin, terutama pada kendaraan umum dan mobil dengan kapasitas passenger yang besar. Berdasarkan kasus tersebut, maka pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis karakteristik aliran udara di dalam kabin mobil, dimana diambil studi kasus untuk mobil minibus untuk mengetahui posisi tempat duduk yang paling optimal guna merespon kebutuhan dalam meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Tugas akhir ini menggunakan perangkat lunak ANSYS FLUENT untuk melakukan simulasi pada kabin pada minibus dimana diambil minibus ELF. Pemodelan simulasi pada penelitian ini yaitu ELF dengan divariasikan beberapa mode berkendara yaitu berkendara dengan AC mobil menyala dengan lima belas konfigurasi kapasitas AC depan dan belakang yang berbeda. Kemudian, hasil simulasi numerik akan di validasi melalui eksperimen dengan membandingkan nilai tekanan udara pada titik tertentu antara simulasi dan eksperimen. Dimana untuk validasi digunakan nilai dari salah satu variasi yaitu seluruh jendela terbuka. Hasil simulasi diamati berdasarkan distribusi kecepatan di dalam kabin mobil, distribusi tekanan di dalam kabin mobil, dan juga karakteristik aliran di dalam kabin mobil. Variasi konfigurasi kecepatan AC yang paling banyak membahayakan passenger lainnya dilihat dari 3 sumber injeksi yang menyemprotkan 10 partikel berkecepatan 20 m/s yaitu pada variasi ke variasi ke 8 dengan kecepatan inlet AC depan 4.14 m/s, inlet AC belakang 1.33 m/s, outlet AC 2.30 m/s. Sedangkan variasi konfigurasi kecepatan AC yang hampir tidak membahayakan passenger lainnya dilihat dari 3 sumber injeksi yang menyemprotkan 10 partikel berkecepatan 20 m/s yaitu pada variasi ke 11 dengan kecepatan inlet AC depan 1.86 m/s, inlet AC belakang 0.42 m/s, outlet AC 4.14 m/s.
==================================================================================================================================
The Covid-19 virus pandemic that began at the end of 2019 has caused an increase in death cases. The number of deaths is not only caused by the Covid-19 virus that attacks the respiratory tract, but also due to the rapid spread of the Covid-19 virus. The main medium for spreading the Covid-19 virus is through aerosols or droplets released when humans talk and breathe. Therefore, in order to prevent the transmission of covid-19, strict health protocols must be implemented such as wearing masks, maintaining distance, washing hands, and limiting social interactions. One of the social interactions that often occurs is when a group of people are in a car room, where there is a scenario where there are two or more people in one cabin, especially in public vehicles and cars with large passenger capacity. Based on this case, this final project will analyze the characteristics of airflow in the car cabin, where a case study is taken for a minibus car to determine the most optimal seating position to respond to the need to minimize the spread of the Covid-19 virus. This final project uses ANSYS FLUENT software to simulate the cabin of a minibus where an ELF minibus is taken. Simulation modeling in this study is ELF with an air speed inlet from the front side of ELF, to represent the wind while driving. In addition, several driving modes are also varied, namely driving with the car air conditioner on with six different configurations of front and rear air conditioner capacity, driving with two windows open, driving with only the left window open, and driving with only the right window open. Then, the numerical simulation results will be validated through experiments by comparing the air pressure values at a certain point between simulations and experiments. For validation, the value of one of the variations, i.e. all windows open, is used.
The simulation results are observed based on the velocity distribution in the car cabin, the pressure distribution in the car cabin, and also the flow characteristics in the car cabin. The AC speed configuration variation that most endangers other passengers is seen from 3 injection sources spraying 10 particles at a speed of 20 m/s, namely in the 8th variation with a front AC inlet speed of 4.14 m/s, rear AC inlet 1.33 m/s, AC outlet 2.30 m/s. While the variation of the AC speed configuration that is almost harmless to other passengers is seen from 3 injection sources that spray 10 particles at a speed of 20 m/s, namely in the 11th variation with a front AC inlet speed of 1.86 m/s, rear AC inlet 0.42 m/s, AC outlet 4.14 m/s
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.106 4 Rah a-1 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Penyebaran COVID-19, COVID-19, Aliran Udara, Analisa Numberik, Minibus Elf, Airflow, Number Analysis |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA357 Computational fluid dynamics. Fluid Mechanics |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 05:33 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 05:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |