Perencanaan Struktur Rangka Konstruksi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (iCharger) Dengan Metode Elemen Hingga Dan Menggunakan Motor Sebagai Penggerak Frame Panel Surya

Khoiruman, Bryan Alie Ibnu (2022) Perencanaan Struktur Rangka Konstruksi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (iCharger) Dengan Metode Elemen Hingga Dan Menggunakan Motor Sebagai Penggerak Frame Panel Surya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211710013019-Undergraduate Thesis.pdf] Text
10211710013019-Undergraduate Thesis.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan kendaraan listrik di Indonesia yaitu sepeda motor, mobil, dan bus. Kendaraan ramah lingkungan lebih hemat pengeluaran operasional dan ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan bermesin konvensional yang masih mengkonsumsi bahan bakar fosil juga dapat mencemari lingkungan. Adanya perancangan pembuatan charging station dengan tenaga panel surya dapat menghemat pengeluaran biaya dan memiliki teknologi ramah lingkungan. Dengan pernyataan di atas maka bisa kita simpulkan rumusan masalah sebagai berikut, yang pertama Bagaimana merencanakan struktur iCharger sebagai konstruksi yang baik, menjadikan penopang beban 266kg yang kedua Bagaimana menghitung Beban�beban yang terdapat pada struktur iCharger, dengan batasan menggunakan material baja ASTM36, menggunakan baut angkur jenis J sebagai penyambung antara rangka utama dengan pondasi. Tujuan yang dapat dicapai adalah untuk membuat rancang bangun struktur rangka pada iCharger dan Untuk mengetahui beban-beban yang terdapat pada struktur rangka iCharger. Metode perancangan dilakukan dengan menggunakan Finite Element Method atau Metode Elemen Hingga. Metode ini merupakan metode numerik yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan teknik dan problem matematis dari suatu gejala phisis. Untuk menganalisa ketahanan sebuah struktur rancang bangun konstruksi iCharger. Hal yang dicapai adalah suatu konstruksi struktur rangka iCharger yang akan diaplikasikan menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik dengan memanfaatkan tenaga surya. Serta kesimpulan dari penulisan Proposal Akhir ini adalah dengan merancang sturktur konstruksi iCharger yang akan digunakan menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik. Merancang struktur iCharger dan menganalisa menggunakan Metode Elemen Hingga melalui Aplikasi berbasis Finite Element Method. Hasil Perencanaan teoritis poros mendapatkan panjang poros 3732mm, diameter Ø poros 80mm dan memiliki tegangan 191483 Mpa. Untuk hasil anslisis struktur konstruksi pengisian kendaraan listrik menggunakan simulasi statis didapatkan nilai tegangan maksimum 2.078 x 108 Pa dan mengalami deformasi sebesar 0,0029627 mm
==================================================================================================================================
The use of electric vehicles in Indonesia are motorcycles, cars, and buses. Environmentally friendly vehicles are more efficient in operating expenses and environmentally friendly compared to conventional engine vehicles that still consume fossil fuels which can also pollute the environment. The design of making a charging station with solar panel power can save costs and has environmentally friendly technology. With the above statement, we can conclude the formulation of the problem as follows, the first is How to plan the iCharger structure as a good construction, making the second 266kg load support How to calculate the loads contained in the iCharger structure, with limitations using ASTM36 steel material, using bolts type J anchor as a connector between the main frame and the foundation. The objectives that can be achieved are to design the frame structure of the iCharger and to find out the loads contained in the iCharger frame structure. The design method is done by using the Finite Element Method or the Finite Element Method. This method is a numerical method used to solve technical problems and mathematical problems of a physical phenomenon. To analyze the durability of an iCharger construction design structure. What has been achieved is the construction of an iCharger frame structure
which will be applied as an Electric Vehicle Charging Station by utilizing solar power. And the conclusion of writing this Final Proposal is to design the iCharger construction structure which will be used as an Electric Vehicle Charging Station. Designing the iCharger structure and analyzing it using the Finite Element Method through an Application based on the Finite Element Method. The results of the theoretical design of the shaft get a shaft length of 3732mm, a shaft diameter of 80mm and a stress of 191483 Mpa. For the results of the analysis of the structure of the electric vehicle charging construction using static simulation, the maximum stress value is 2.078 x 108 Pa and the deformation is 0.0029627 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMI 629.229 3 Kho p-1 2022
Uncontrolled Keywords: iCharger, Structure, Safety Factor, Finite Element Method
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1056 Solar power plants. Ocean thermal power plants
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 26 Feb 2025 05:32
Last Modified: 26 Feb 2025 05:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118905

Actions (login required)

View Item View Item