Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Dengan Metode Conjoint Analysis

Oktaneldanora, Yudit (2025) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Dengan Metode Conjoint Analysis. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032231253-Master_Thesis.pdf] Text
6032231253-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini perkembangan olahraga mulai digemari oleh masyarakat dan menjadi gaya hidup menjadi sehat. Sehat merupakan salah satu tujuan yang dijadikan goals bagi kalangan pecinta olahraga. Oleh karena itu setiap konsumen pasti akan memiliki permasalahan dalam pemilihan asupan saat olahraga termasuk saat memilih minuman isotonik. Pilihan asupan bagi konsumen terutama pada saat melakukan aktivitas pasti akan dipengaruhi oleh berbagai preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dan menganalisa atribut-atribut minuman isotonik, dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian terhadap minuman isotonik tersebut. Pengambilan data akan dilakukan secara online dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan non-probability sampling teknik purposive sampling ke 185 responden dengan usia 19-40 tahun. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Konjoin analisis (utilities, importances value, correlations). Atribut yang digunakan adalah kandungan gula, ukuran kemasan, harga, dan rasa. Pada analisis konjoin menemukan bahwa atribut rasa merupakan atribut paling penting dalam importance values karena memiliki nilai tertinggi yaitu 33%, kedua adalah atribut harga yaitu 32%. Selain itu, analisis konjoin mampu menunjukkan preferensi konsumen terhadap minuman isotonik, atribut level dari yang disukai konsumen adalah kandungan rendah gula, ukuran kemasan 500ml, harga Rp. 3.000 –Rp. 4.000, dan rasa original. Sedangkan hasil korelasinya kuat sebesar 0.787 & 0.611 serta memiliki nilai signifikan yaitu dibawah 0,05. Atribut rasa dan harga dianggap paling mempengaruhi terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu akan merekomendasikan kepada perusahaan untuk dapat memperhatikan faktor atribut rasa.
===============================================================================================================
Currently, the development of sports is starting to be popular with the public and has become a healthy lifestyle. Health is one of the goals for sports lovers. Therefore, every consumer will definitely have problems in choosing intake during exercise, including when choosing isotonic drinks. The choice of intake for consumers, especially when doing activities, will definitely be influenced by various consumer preferences. This study aims to find out and analyze the attributes of isotonic drinks, and consumer preferences for purchasing decisions for these isotonic drinks. Data collection will be carried out online with a sampling technique in this study, namely using non-probability sampling, purposive sampling technique to 185 respondents aged 19-40 years. Data analysis in this study used descriptive analysis and Conjoint analysis (utilities, importances value, correlations). The attributes used are sugar content, packaging size, price, and taste. In the conjoint analysis, it was found that the taste attribute is the most important attribute in importance values because it has the highest value of 33%, the second is the price attribute of 32%. In addition, the conjoint analysis is able to show consumer preferences for isotonic drinks, the level attributes that consumers like are low sugar content, 500ml packaging size, price of Rp. 3,000 - Rp. 4,000, and original taste. While the correlation results are strong at 0.787 & 0.611 and have a significant value of below 0.05. The taste and price attributes are considered to have the most influence on purchasing decisions. Therefore, it will be recommended to companies to be able to pay attention to the taste attribute factor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minuman Isotonik, Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian, dan Analisis Konjoin, Isotonic Drinks, Consumer Preferences, Purchasing Decisions, and Conjoint Analysis.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Yudit Oktaneldanora
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:51
Last Modified: 29 Jul 2025 09:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/122627

Actions (login required)

View Item View Item