Monitoring Kualitas Aplikasi BNI Mobile Banking Berdasarkan Ulasan Pelanggan Di Google Play Store Menggunakan Hybrid Naïve Bayes-Laney P’ Attribute Control Chart

Kamila, Savira Shifa (2025) Monitoring Kualitas Aplikasi BNI Mobile Banking Berdasarkan Ulasan Pelanggan Di Google Play Store Menggunakan Hybrid Naïve Bayes-Laney P’ Attribute Control Chart. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5002211045-Undergrauate_Thesis.pdf] Text
5002211045-Undergrauate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi pada dunia perbankan mendorong untuk terciptanya inovasi yang mendukung operasional perbankan. Salah satunya adalah pemanfaatan mobile banking untuk mempermudah transaksi pengguna. Aplikasi BNI Mobile Banking sebagai salah satu bentuk mobile banking milik BNI memiliki fitur yang memungkinkan user atau pengguna dapat menggunakan menu layanan seperti Transfer, E-Wallet, Pembayaran, Pembelian, Investasi, Rekeningku, dan Produk dan Jasa Lainnya. Aplikasi BNI Mobile Banking memiliki rating pada Google Play Store, yaitu 4,5. Selain rating, pengguna juga
dapat memberi ulasan pada laman Google Play Store. Ulasan yang diberikan pengguna dapat dijadikan bahan analisis sentimen dan evaluasi kualitas aplikasi BNI Mobile Banking. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari tanggal 01 Januari 2023 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2024. Data ulasan pengguna aplikasi BNI Mobile Banking digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana ulasan mengandung sentimen positif, netral, atau negatif menggunakan klasifikasi Naïve Bayes. Data yang dihasilkan dari analisis sentimen dapat dimonitor dengan diagram kendali atribut. Diagram kendali p dan Laney p’ dapat digunakan untuk mengidentifikasi persebaran defect atau ulasan negatif. Diagram kendali Laney p’ merupakan diagram kendali atribut yang digunakan untuk memantau proporsi cacat dalam ukuran sampel yang besar dan bervariasi. Pada penelitian ini, pelabelan sentimen positif, netral, dan negatif didasarkan oleh penilaian yang diberikan oleh pengguna. Hasil ketepatan klasifikasi AUC yang didapatkan pada data testing sebesar 95,57% yang termasuk ke dalam kategori Excellent Classification. Hasil analisis diagram kendali p dan Laney p’ menunjukan bahwa masih terdapat banyak diagram kendali yang belum terkendali secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa pihak developer aplikasi BNI Mobile Banking masih perlu melakukan perbaikan. Jenis kendala tertinggi yang dirasakan oleh pengguna aplikasi adalah sistem aplikasi BNI Mobile Banking sering bermasalah.
=========================================================================================================================================
Digitalization in the banking sector has driven innovations that support banking operations. One example is the use of mobile banking to facilitate user transactions. The
BNI Mobile Banking application, one of BNI’s mobile banking offerings, has features that allow users to access service menus such as Transfer, E-Wallet, Pembayaran, Pembelian, Investasi, Rekeningku, and Produk dan Jasa Lainnya. The BNI Mobile Banking application has a rating of 4.5 on the Google Play Store. In addition to ratings, users can also leave reviews on the Google Play Store page. These reviews can be used for sentiment analysis and evaluation of the quality of the BNI Mobile Banking application. The data used in this study was collected from January 1, 2023, to August 31, 2024. BNI Mobile Banking user review data was used to identify whether reviews contain positive, neutral, or negative sentiment using Naïve Bayes classification. Data generated from the sentiment analysis can be monitored using attribute control charts. The p and Laney p’ control charts can be used to identify the distribution of defects or negative reviews. The Laney p’ control chart is an attribute control chart used to monitor the proportion of defects in large and varied sample sizes. In this study, the labeling of positive, neutral, and negative sentiments is based on the assessment given by users. The results of the AUC classification accuracy obtained on the testing data were 95.57% which is included in the Excellent Classification category. The analysis of the p and Laney p’ control charts shows that many control charts remain statistically uncontrolled. This indicates that the BNI Mobile Banking application developers still need to make improvements.
The highest type of obstacle felt by application users is that the BNI Mobile Banking application system often has problems.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, BNI Mobile Banking, Diagram Kendali Laney p’, Diagram Kendali p, Klasifikasi Naïve Bayes, Sentiment Analysis, BNI Mobile Banking, Laney p’ Control Chart, p Control Chart, Naïve Bayes Classifier.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries--Quality control.
Q Science
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Savira Shifa Kamila
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:43
Last Modified: 29 Jul 2025 06:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/122761

Actions (login required)

View Item View Item