Bimata, Weldayana Atyanta (2025) Perancangan Strategi Pemasaran Jasa Desain Kapal pada PT Terafulk Megantara Design dengan Metode SWOT dan QSPM sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6032222005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pemasaran sangat diperlukan pada perusahaan sehingga diupayakan mampu menentukan arah dengan mengidentifikasi dari segi pasar, pesaing, hingga pelanggan. PT Terafulk Megantara Design merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa desain kapal. Pendapatan nilai kontrak mengalami tren yang fluktuatif, namun pada tahun 2023 mengalami penurunan yang sangat signifikan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah kontrak juga mengalami tren fluktuatif dan cenderung menurun, pada tahun 2023 jumlah kontrak mengalami kenaikan yang signifikan namun tidak diimbangi dengan nilai kontrak dimana nilai kontrak pada tahun 2023 mengalami penurunan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukan strategi untuk mencapai target pendapatan yang optimal dan seimbang dengan jumlah kontrak yang dikerjakan. Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) akan digunakan dalam penelitian ini untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai alternatif strategi pemasaran. Proses analisis akan dilakukan melalui serangkaian tahapan metodologis yang terstruktur. Diharapkan dapat memberikan pendekatan kuantitatif dalam memilih strategi pemasaran yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif, serta didukung oleh literatur terkait pemasaran dalam industri jasa dan perkapalan. Hasil dari penelitian ini posisi PT Terafulk terletak di Kuadran I, yang dikenal sebagai zona "Grow & Build." Berdasarkan skor IFE sebesar 3,25 dan EFE sebesar 3,32 dapat disimpulkan bahwa PT Terafulk memiliki kekuatan internal serta peluang eksternal yang seimbang. Dalam situasi ini, perusahaan memiliki fondasi yang kuat untuk mendukung strategi pertumbuhan yang agresif. Strategi yang dapat diterapkan mencakup pengembangan produk baru, ekspansi pasar, serta peningkatan inovasi untuk meningkatkan daya saing.
=========================================================================================================================================
Marketing strategy is very necessary for a company so that it is attempted to determine the direction by identifying in terms of the market, competitors, and customers. PT Terafulk Megantara Design is a company engaged in the field of ship design services. Contract value revenue has experienced a fluctuating trend, but in 2023 there was a very significant decline compared to the previous year. While the number of contracts also experienced a fluctuating trend and tended to decline, in 2023 the number of contracts experienced a significant increase but was not balanced by the contract value where the contract value in 2023 experienced a significant decline. This shows that a strategy is needed to achieve optimal and balanced revenue targets with the number of contracts worked on. The Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) method will be used in this study to assist companies in identifying and evaluating various alternative marketing strategies. The analysis process will be carried out through a series of structured methodological stages. It is expected to provide a quantitative approach in choosing the marketing strategy that best suits the company's conditions. Data will be collected through in-depth interviews and participatory observations, and supported by literature related to marketing in the service and shipping industries. The results of this study position PT Terafulk is located in Quadrant I, known as the "Grow & Build" zone. Based on the IFE score of 3.25 and EFE of 3.32, it can be concluded that PT Terafulk has balanced internal strengths and external opportunities. In this situation, the company has a strong foundation to support an aggressive growth strategy. Strategies that can be implemented include new product development, market expansion, and increased innovation to increase competitiveness.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shipbuilding Industry, IFE EFE Matrix, SWOT, QSPM Matrix,Industri Perkapalan, Matriks IFE EFE, SWOT, Matriks QSPM. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings |
Divisions: | Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT) |
Depositing User: | Weldayana Atyanta Bimata |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:12 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/124364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |