Pedrananda, Shela Aga (2025) Kontrol Tekanan Pada Konveyor Pneumatik Sebagai Transportasi Gandum Mill E Menggunakan Metode PID. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
2040211050-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
PT. ISM Tbk. Divisi Bogasari menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan energi listrik pada proses produksi tepung gandum, terutama pada sistem transportasi pneumatik yang menggunakan motor induksi tiga fasa penyuplai udara bertekanan. Motor ini beroperasi pada kecepatan maksimum tanpa mempertimbangkan beban aktual, mengakibatkan pemborosan energi yang signifikan. Berdasarkan data, proses penggilingan berkontribusi sebesar 84,80% dari total konsumsi energi, sementara sistem transportasi pneumatik mengonsumsi energi listrik sebesar 1.160.774 kWh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja motor induksi penggerak fan sentrifugal dengan mengimplementasikan Variable Frequency Drive (VFD) yang terintegrasi dengan sensor tekanan dan dikendalikan dengan metode PID. Penerapan VFD yang dikombinasikan menggunakan kontrol PID dengan parameter Kp 0,0142 Ki 0,0001498 dan Kd 0,0016472 mendapatkan performa respons sistem stabil dengan waktu rise time 2s, settling time 9s, dan overshoot rendah dengan nilai 0,457% dengan frekuensi VFD 46-47 Hz yang menghasilkan tekanan ±8200Pa serta mendukung penerapan ISO 50001 sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan perusahaan.
==================================================================================================================================
PT ISM Tbk. Bogasari Division faces challenges in optimizing the use of electrical energy in the wheat flour production process, especially in the pneumatic transportation system that uses a three-phase induction motor to supply compressed air. These motors operate at maximum speed without considering the actual load, resulting in significant energy waste. Based on data, the milling process contributes 84.80% of the total energy consumption, while the pneumatic transportation system consumes 1,160,774 kWh of electrical energy. This research aims to improve the performance of the induction motor driving the centrifugal fan by implementing a Variable Frequency Drive (VFD) integrated with a pressure sensor and controlled with the PID method. The application of VFD using PID with Kp 0,0142 Ki 0,0001498 dan Kd 0,0016472 control obtained stable system response performance with a rise time of 2s, settling time of 9s, and low overshoot with a value of 0.457% with a VFD frequency of 46-47 Hz which produces a pressure of ±8200Pa and supports the implementation of ISO 50001 as part of the company's sustainability commitment.
Actions (login required)
![]() |
View Item |