IMPLEMENTASI MODEL PENERIMAAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USER OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING SHARE-ITS

KHOIRUNNISAK, WAHYU (2016) IMPLEMENTASI MODEL PENERIMAAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USER OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING SHARE-ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5212100008-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan pendidikan saat ini yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang pesat menuntut semua subjek dalam dunia pendidikan seperti perguruan tinggi, untuk menempatkan dirinya dalam posisi yang tepat. Implementasi dari perkembangan TI dalam perguruan tinggi yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar salah satunya yaitu sistem pembelajaran terintegrasi atau sering kita sebut e-learning. SHARE-ITS merupakan e-learning formal berbasis web yang dikembangkan oleh ITS sebagai penunjang kegiatan akademik antara mahasiswa dan dosen. Sejak awal pengimplementasian SHARE-ITS pada tahun 2006 hingga sekarang, masih banyak jurusan di ITS yang belum bahkan tidak sama sekali menggunakan SHARE-ITS dalam kegiatan akademiknya. Belum maksimalnya penggunaan e-learning SHARE-ITS merupakan wujud dari penerimaan yang rendah dari pengguna e-learning SHARE-ITS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dosen terhadap penggunaan SHARE-ITS dengan menggunakan model penerimaan UTAUT. Pengujian model dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan dosen dalam menggunakan SHARE-ITS beserta rekomendasi sebagai upaya untuk peningkatanyyan. Faktor facilitating conditions atau kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif terhadap use behavior atau perilaku penggunaan SHARE-ITS oleh dosen. Dan faktor behavioral intention atau minat pemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior atau perilaku penggunaan SHARE-ITS oleh dosen. Kedua faktor tersebut terbukti sama-sama memiliki aspek penting untuk dipertimbangkan karena memiliki pengaruh terhadap perilaku penggunaan dan minat pemanfaatan dosen terhadap penggunaan SHARE-ITS. Sementara itu variabel independen (performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions) dan variabel dependen (behavioral intention dan use behavior) secara keseluruhan tidak dipengaruhi oleh adanya variabel moderat yang terdiri dari gender, age, experience, dan voluntariness of use yang digunakan. =================================================================================================== At this time, educational development with rapid technological developments required all subjects in education such as universities to put himself in the right position. Implementation of the development of IT in university can support teaching and learning activities one of which is an integrated learning system, or often called e-learning. SHARE-ITS is a formal e-learning web-based developed by ITS as supporting academic activities between students and lecturers. Since the beginning of the implementation of SHARE- ITS in 2006 until now, there are many departments in ITS have not even not at all used the SHARE- ITS academic activities. Not maximal used of e-learning SHARE-ITS is a form of low enrollment of users of e-learning SHARE-ITS. This study aims to determine the factors that effect the acceptance of lecturers to use SHARE-ITS using UTAUT acceptance model. Testing the model in this study is done by using software SmartPLS. Results and findings in this study are the factors that affect the acceptance of lecturers in use SHARE-ITS as well as recommendations for improvement efforts. that factor conditions facilitate a positive influence on behavior SHARE-ITS use by lecturers. behavioral factors intention or interest in the use of positive and significant impact on the behavior SHARE-ITS use by lecturers and volunteerism factors to use positive and significant impact on the use of interest SHARE-ITS use by lecturers. These two factors have proved equally important aspect to be considered as having an influence on the behavior of the use of and interest in the use of lecturers of the SHARE-ITS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan SHARE-ITS, , UTAUT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:01
Last Modified: 27 Dec 2018 02:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item