IMPLEMENTASI MODEL PENERIMAAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USER OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING SHARE-ITS

KHOIRUNNISAK, WAHYU (2016) IMPLEMENTASI MODEL PENERIMAAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USER OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING SHARE-ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5212100008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5212100008-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan pendidikan saat ini yang
dibarengi dengan perkembangan teknologi yang pesat
menuntut semua subjek dalam dunia pendidikan seperti
perguruan tinggi, untuk menempatkan dirinya dalam posisi
yang tepat. Implementasi dari perkembangan TI dalam
perguruan tinggi yang dapat mendukung kegiatan belajar
mengajar salah satunya yaitu sistem pembelajaran
terintegrasi atau sering kita sebut e-learning. SHARE-ITS
merupakan e-learning formal berbasis web yang
dikembangkan oleh ITS sebagai penunjang kegiatan
akademik antara mahasiswa dan dosen. Sejak awal
pengimplementasian SHARE-ITS pada tahun 2006 hingga
sekarang, masih banyak jurusan di ITS yang belum bahkan
tidak sama sekali menggunakan SHARE-ITS dalam kegiatan
akademiknya. Belum maksimalnya penggunaan e-learning
SHARE-ITS merupakan wujud dari penerimaan yang rendah
dari pengguna e-learning SHARE-ITS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dosen terhadap penggunaan SHARE-ITS dengan menggunakan model penerimaan UTAUT. Pengujian model dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan dosen dalam
menggunakan SHARE-ITS beserta rekomendasi sebagai upaya
untuk peningkatanyyan. Faktor facilitating conditions atau
kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif terhadap use
behavior atau perilaku penggunaan SHARE-ITS oleh dosen.
Dan faktor behavioral intention atau minat pemanfaatan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior atau perilaku penggunaan SHARE-ITS oleh dosen. Kedua faktor
tersebut terbukti sama-sama memiliki aspek penting untuk
dipertimbangkan karena memiliki pengaruh terhadap perilaku
penggunaan dan minat pemanfaatan dosen terhadap
penggunaan SHARE-ITS. Sementara itu variabel independen
(performance expectancy, effort expectancy, social influence
dan facilitating conditions) dan variabel dependen
(behavioral intention dan use behavior) secara keseluruhan
tidak dipengaruhi oleh adanya variabel moderat yang terdiri
dari gender, age, experience, dan voluntariness of use yang
digunakan.

===================================================================================================
At this time, educational development with rapid
technological developments required all subjects in education such as universities to put himself in the right position. Implementation of the development of IT in university can support teaching and learning activities one of which is an integrated learning system, or often called e-learning. SHARE-ITS is a formal e-learning web-based developed by ITS as supporting academic activities between students and lecturers. Since the beginning of the implementation of SHARE- ITS in 2006 until now, there are many departments in ITS have not even not at all used the SHARE- ITS academic activities. Not maximal used of e-learning SHARE-ITS is a form of low enrollment of users of e-learning SHARE-ITS. This study aims to determine the factors that effect the acceptance of lecturers to use SHARE-ITS using UTAUT acceptance model. Testing the model in
this study is done by using software SmartPLS.
Results and findings in this study are the factors
that affect the acceptance of lecturers in use SHARE-ITS
as well as recommendations for improvement efforts. that
factor conditions facilitate a positive influence on behavior SHARE-ITS use by lecturers. behavioral factors
intention or interest in the use of positive and significant
impact on the behavior SHARE-ITS use by lecturers and
volunteerism factors to use positive and significant
impact on the use of interest SHARE-ITS use by
lecturers. These two factors have proved equally
important aspect to be considered as having an influence
on the behavior of the use of and interest in the use of
lecturers of the SHARE-ITS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan SHARE-ITS, , UTAUT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:01
Last Modified: 27 Dec 2018 02:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item