Munthe, Josua Hasiholan (2022) Perluasan Pasar Dan Analisis Daya Saing Produk Ekspor Indonesia di Negara Kawasan Afrika. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
09111840000105-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perdagangan internasional berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Namun, di Indonesia laju pertumbuhan ekonominya masih tergolong lambat dibandingkan dengan negara lain, disebabkan belum maksimalnya pemanfaatan kekayaan sumber daya domestik sebagai komoditas ekspor yang berdaya saing tinggi. Selain itu, ekspor Indonesia hanya berfokus pada pasar tradisional seperti Amerika Serikat, China, Jepang dan Singapura menyebabkan sulitnya ekspor bertumbuh dengan cepat. Oleh karena itu, perlu dilakukan perluasan pasar sebagai alternatif baru dalam mendorong nilai ekspor tahunan Indonesia semakin tinggi. Dalam penelitian ini, Afrika ditargetkan sebagai pasar baru ekspor Indonesia. Pemilihan Afrika didasari oleh pasar yang besar dimana terdapat 1,37 miliar jiwa penduduk yang berpotensi sebagai konsumen produk Indonesia. Selain itu, laju pertumbuhan ekonomi Afrika sedang bertumbuh diikuti dengan beberapa negara yang sedang bertransformasi dari yang sebelumnya adalah negara lower income menjadi lower middle income. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengidentifikasi dan memetakan potensi komoditas ekspor Indonesia ke Afrika. Penelitian ini akan memanfaatkan data perdagangan antar kedua negara selama tahun 2010 hingga 2021. Data tersebut akan dianalisis menggunakan metodologi pengukuran daya saing antara lain Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), X-Model Product Export Potential (X-Model). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dari 54 negara di Afrika terdapat tiga negara terunggul yang berpotensi sebagai pasar ekspor utama Indonesia di masa depan yaitu Afrika Selatan, Nigeria dan Kenya. Lebih lanjut, terdapat 6 komoditas unggulan ke Afrika Selatan, 10 komoditas unggulan ke Nigeria dan 5 komoditas unggulan ke Kenya. Komoditas tersebut memiliki nilai RCA diatas 1 dengan posisi pasar yang berada pada kuadran rising star. Oleh karena itu, komoditas tersebut memiliki potensi pengembangan pasar yang optimis yang dapat dijajaki oleh pelaku eksportir dan pemerintah untuk mengoptimalkan ekspor Indonesia ke pasar Afrika.
==================================================================================================================================
International trade plays an important role in encouraging the country's economic growth. However, Indonesia's economic growth rate is still relatively slow compared to other countries due to the not yet maximal utilization of domestic resource wealth as an export commodity that is highly competitive. In addition, Indonesia's exports only focus on traditional markets such as the United States, China, Japan, and Singapore, making it difficult for exports to grow rapidly. Therefore, it is necessary to expand the market as a new alternative in pushing the value of Indonesia's annual exports to be higher. In this study, Africa is targeted as Indonesia's new export market. The choice of Africa is based on a large market where there are 1.37 billion people who are potential consumers of Indonesian products. In addition, Africa's economic growth rate is growing, followed by several countries transforming from lower income to lower middle income countries. Therefore, this research will identify and map the potential of Indonesia's export commodities to Africa. This research will utilize trade data between the two countries from 2010 to 2021. The data will be analyzed using a competitiveness measurement methodology, including Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), and X-Model Product Export Potential (X-Model). Based on the results of the study, it was found that out of 54 countries in Africa, three top countries have the potential as Indonesia's main export markets in the future, namely South Africa, Nigeria, and Kenya. Furthermore, there are six top commodities in South Africa, ten top commodities in Nigeria and five top commodities in Kenya. This commodity has an RCA value above 1 with a market position in the rising star quadrant. Therefore, these commodities have an optimistic market development potential that exporters and the government can explore to optimize Indonesia's exports to the African market.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.84 Mun p-1 2022 3100022094062 |
Uncontrolled Keywords: | Ekspor, Afrika, Indonesia, daya saing, perluasan pasar, Export, Africa, Competitiveness, Market Expansion |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing) |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anis Wulandari |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/128480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |