Malik, Naufal Falah (2022) Pengaruh Penggunaan Warna Oranye Pada Brand Element Atribut Mitra Pengemudi Shopeefood Terhadap Brand Personality. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
09111840000146-Undergraduate_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan jasa online food delivery di Indonesia mendorong masingmasing perusahaan untuk menciptakan identitas melalui pemilihan elemen merek seperti warna. Hal ini juga mendukung terciptanya brand personality dari merek tersebut. Salah satu perusahaan e-commerce penyedia layanan online food delivery adalah ShopeeFood yang menggunakan elemen warna oranye pada setiap brand element yang dimilikinya, termasuk atribut yang dikenakan oleh mitra pengemudi daripada ShopeeFood itu sendiri. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan warna pada brand element atribut mitra pengemudi ShopeeFood terhadap brand personality yang diuji pada masing-masing indikator daripada brand personality itu sendiri. Penelitian ini diawali dengan tahapan studi literatur, perencanaan penelitian, hingga proses pengumpulan data. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimental dengan design factorial 2x2 dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Dalam penelitian ini dibutuhkan 120 jumlah sampel responden yang dibagi menjadi empat kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Pengujian instrumen yang dilakukan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Dalam penelitian ini analisis untuk setiap kelompok perlakuan di uji menggunakan uji manova, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda. Penelitian ini mendapati hasil yang membuktikan bahwa penggunaan warna oranye terbukti memberikan dampak terhadap variabel excitement daripada brand personality ShopeeFood. Selain itu, brand personality ShopeeFood terbukti didominasi oleh nilai excitement daripada indikator sebuah brand personality. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi sebagai pengetahuan penting bagi para entitas bisnis dalam menggunakan warna pada brand element yang ada. Selain itu diharapkan penelitian ini juga dapat menjadi referensi serta sumber informasi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan.
===================================================================================================================================
The competition of online food delivery in Indonesia encourages each company to create an identity through the selection of color within brand elements and to also establish a brand personality. One of the e-commerce companies that provide such service is ShopeeFood and is known for its orange color selection. This includes the attributes worn by driver partners of ShopeeFood. Thus, this study aims to determine the effect of color selection on the brand element attributes of ShopeeFood driver partners towards the brand personality that is tested on each indicator of brand personality itself. This research begins with the stages of literature study, research planning, and a quantitative research that uses an experimental method of 2x2 factorial design. The research instrument being used is questionnaire with a sample of 120 respondents that were divided into four groups with different treatments. The instrument testing was carried out using a validity test and a reliability test. MANOVA test was used to analyse each treatment group and a multiple linear regression was used to test the hypothesis. Results indicate that the use of orange is proven to have an impact on the excitement variable of the overall ShopeeFood's brand personality. In addition, ShopeeFood's brand personality is proven to be dominated by excitement. The results of this study are expected to contribute as important knowledge for business entities in using within brand elements. In addition, it is hoped that this study can also be a reference and source of information for further related research.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand element, Brand personality, ShopeeFood, Warna, Brand element, Brand personality, ShopeeFood, Color. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing) |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:45 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 06:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/128645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |