ANALISIS TIME SERIES TERHADAP PENJUALAN BAN LUAR SEPEDA MOTOR DI TOKO PUTRA JAYA MOTOR BANGKALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARIMA BOX-JENKINS

SYAFA’AH, MULAZIMATUS (2014) ANALISIS TIME SERIES TERHADAP PENJUALAN BAN LUAR SEPEDA MOTOR DI TOKO PUTRA JAYA MOTOR BANGKALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARIMA BOX-JENKINS. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311030021-Abstract.pdf]
Preview
Text
1311030021-Abstract.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 1311030021-Non Degree.pdf] Text
1311030021-Non Degree.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy
[thumbnail of 1311030021-conclusion.pdf.pdf]
Preview
Text
1311030021-conclusion.pdf.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Ban merupakan bagian dari roda kendaraan yang bersentuhan langsung
dengan permukaan jalan. Mengingat pentingnya kerja ban perlu diperhatikan
kondisi ban mulai dari tekanan angin, kondisi alur-alur ban maupun keseimbangan
(balance) putarannya. Sehingga sewaktu-waktu membutuhkan pengecekan atau
pemeriksaan untuk mengetahui kondisi dan kelayakan ban, masih layak digunakan
atau harus diganti, mengingat bahwa pentingnya pengetahuan pengelola dalam
memperkirakan seberapa besar jumlah penjualan ban luar pada periode
mendatang, untuk itu dalam penelitian ini dilakukan analisis time series terhadap
penjualan ban luar sepeda motor di Toko Putra Jaya Motor Bangkalan, agar pihak
pengelola dapat memperkirakan seberapa banyak jumlah ban luar sepeda motor
yang harus di sediakan di Toko Putra Jaya Motor Bangkalan. Data yang digunakan
dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Toko Putra Jaya
Motor Bangkalan dengan jenis produk ban luar sepeda motor, dari hasil laporan
penjualan ban luar merk FDR dan IRC perminggu periode penjualan mulai Bulan
Agustus 2012 hingga Bulan Desember 2013. Secara keseluruhan dari hasil
Statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) penjualan ban luar sepeda
motor tertinggi yaitu ban merk FDR dengan nilai rata-rata penjualan sebesar 32
biji, Persebaran data untuk penjualan kedua merk ban luar sepeda motor yaitu FDR
dan IRC beragam, dari kedua merk ban tersebut merk yang memiliki nilai range
tertinggi yaitu ban merk FDR yang selisih penjualannya mencapai 52. Model Yang
didapatkan untuk variabel tigkat penjualan ban luar merk FDR yaitu ARIMA
([4],0,2), Sedangkan untuk variabel tigkat penjualan ban luar merk IRC yaitu
ARIMA (1,0,0). Kedua peramalan 4 periode mendatang untuk penjualan ban luar
merk FDR dan IRC tersebut dapat digunakan sebagai acuan tingkat penjualan ban
luar merk FDR dan IRC di Toko Putra Jaya Motor Bangkalan.

=====================================================================================================

Tires are part of the vehicle's wheels are in direct contact with
the road surface . Given the importance of tires to note the condition of
tires ranging from wind pressure , the condition of the tire grooves and
equilibrium ( balance) rotation . So that at any time require checking or
inspection to determine the condition and feasibility of tires , still fit for
use or must be replaced , given that the importance of managing
knowledge in estimating how large the amount of tire sales in the
coming period , for it was in this study conducted a time series analysis
of the sales motorcycle tires in Putra Jaya Motor Stores Bangkalan , so
that the manager can estimate how much the number of motorcycle tires
which must be supplied in Putra Jaya Motor Bangkalan Store . The data
used in this study is a secondary data obtained from Putra Jaya Motor
Stores Bangkalan with the product type motorcycle tire , tire sales
reports from outside brands FDR and IRC weekly sales period began in
August 2012 to December 2013. Overall of descriptive Statistics results
obtained average value ( mean ) sales of high motorcycle tire is the tire
brand FDR with an average value of 32 seed sales , Distribution sales
data for the two brands of motorcycle tires that FDR and IRC diverse ,
from both brands the tire brand that has the highest value of the range
that the difference FDR tire brand sales reached 52 . Models Yang
obtained for the variable tigkat sale FDR tire brands namely ARIMA
( [ 4 ], 0,2 ) , while for sales tigkat variables IRC tire brands ie ARIMA
( 1,0,0 ) . 4 Both forecasting future periods brands for sale FDR tire and
the IRC can be used as a reference rate of sale FDR tire brands and IRC
in Putra Jaya Motor Bangkalan Store .

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.55 Sya a
Uncontrolled Keywords: Statistika Deskriptif dan ARIMA
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Jan 2017 03:08
Last Modified: 05 Jan 2017 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item