ANALISA LAJU KOROSI HASIL PENGELASAN BAWAH AIR MENGGUNAKAN PROSES SMAW PADA MATERIAL ASTM A36 DENGAN VARIASI JENIS ELEKTRODA

HUDA, MIFTAKHUL (2014) ANALISA LAJU KOROSI HASIL PENGELASAN BAWAH AIR MENGGUNAKAN PROSES SMAW PADA MATERIAL ASTM A36 DENGAN VARIASI JENIS ELEKTRODA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4309100702-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4309100702-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Struktur anjungan lepas pantai, badan kapal , dan konstruksi lainnya yang ada di
laut bisa mengalami kerusakan akibat kegagalan pada elemen-elemennya selama
beroperasi dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat sesuatu yang tidak
diprediksi seperti badai dan benturan. Teknologi pengelasan bawah air digunakan
untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada bagian yang terendam air.
Pengelasan bawah air ini bersifat sementara dan merupakan alternatif lain yang
mungkin dilakukan jika tidak dapat dikerjakan di atas permukaan. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh jenis elektoda yang digunakan
untuk pengelasan bawah air pada plat baja ASTM A36 terhadap laju korosi yang
terjadi. Variasi elektroda yang digunakan adalah elektroda spesifikasi AWS yaitu
E6013, E6019, dan E7018. Pengelasan bawah air dilakukan dengan menggunakan
proses Shielded Metal Arc Welding (SMAW) wet welding dengan posisi 1G.
untuk pengelasan bawah air, elektroda yang digunakan harus dilapisi terlebih
dahulu. Ini bertujuan agar elektroda kedap air. Pengujian laju korosi dilakukan
dengan metode elektrokimia menggunakan larutan FeCl3. Dari pengujian ini
didapatkan nilai laju korosi yang terjadi pada pengelasan bawah air dengan
elektroda E6013 adalah sebesar 9.626 mmpy, untuk nilai laju korosi yang terjadi
pada pengelasan bawah air dengan elektroda E6019 adalah sebesar 12.020 mmpy,
dan untuk nilai laju korosi yang terjadi pada pengelasan bawah air dengan
elektroda E7018 adalah sebesar 20.255 mmpy. Berdasarkan pengamatan hasil foto
stereo mikroskop, secara morfologi permukaan sambungan las yang mempunyai
nilai laju korosi lebih tinggi, permukaannya terlihat lebih kasar dan mengalami
kerusakan lebih parah dibandingkan dengan permukaan sambungan las yang
mempunyai nilai laju korosi lebih rendah.
=======================================================================================================
Offshore structures, hulls, and other construction in the sea could be damaged by
the failure of the elements during the operation and the possibility of damage due
to something unexpected such as storms and collisions. Underwater welding
technology used to repair the damage that occurs in parts water. Underwater
welding is temporary and is another alternative that may be done if it can not be
done on the surface. This research was conducted in order to know the influence
of the type of electrode used for underwater welding on ASTM A36 steel plate on
the rate of corrosion that occurs. Variation of electrode used is AWS
specifications E6013, E6019, and E7018. Underwater welding was done using the
Shielded Metal Arc Welding (SMAW) wet welding with 1G position. for
underwater welding, electrodes used must be coating first. It is intended that the
electrode watertight. Corrosion rate testing performed by an electrochemical
method using FeCl3 solution. Values obtained from this test that the corrosion rate
occurs in the underwater welding electrodes E6013 amounted to 9,626 mmpy, for
the corrosion rate values that occur in underwater welding with E6019 electrodes
is 12,020 mmpy, and for the value of the corrosion rate occurs at underwater
welding with E7018 electrodes is 20 255 mmpy. Based on the results of
observations of stereo microscopes, surface morphology welded joints that have a
higher value of the rate of corrosion, the surface looks more rugged and more
severe damage than the surface of the welded joints that have a lower corrosion
rate values.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan bawah air, SMAW, Elektroda, Laju korosi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:39
Last Modified: 05 Jul 2022 08:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item