ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENERIMAAN APLIKASI BLOOD BANK INFORMATION SYSTEM

HANAFI, MUCHAMMAD RIJALUDDIN ROBBANI (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENERIMAAN APLIKASI BLOOD BANK INFORMATION SYSTEM. In: Tugas Akhir, Information System.

[img]
Preview
Text
5210100114-Paper.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5210100114-Presentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi (TI) kini telah diadopsi oleh organisasi maupun perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, efektivitas dan efisiensi kinerja serta mendukung proses bisnis mereka. Kesuksesan dari adopsi teknologi informasi pada suatu organisasi salah satunya dipengaruhi oleh penerimaan pengguna aplikasi. Blood Bank Information System (BloobIS) adalah aplikasi yang akan diadopsi oleh Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) untuk mendukung proses bisnis pengelolaan darah. Penerimaan pengguna aplikasi BloobIS perlu dianalisis untuk mengetahui kesuksesan dari adopsi teknologi informasi pada UDD PMI. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna aplikasi BloobIS yaitu petugas UDD PMI, rumah sakit dan masyarakat. Model-model adopsi teknologi digunakan untuk menganalisis faktor-faktor tersebut. Pengujian model-model adopsi teknologi dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM)-GSCA dan analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor kemanfaatan berpengaruh dalam penerimaan aplikasi BloobIS dari perspektif UDD PMI, rumah sakit dan masyarakat sebagai pengguna aplikasi. Berdasarkan faktor yang berpengaruh kemudian diberikan rekomendasi yang tepat, yaitu berupa sosialisasi aplikasi dan pengembangan fitur yang sesuai sehingga diharapkan tingkat penerimaan dari pengguna aplikasi BloobIS semakin baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Adopsi teknologi informasi, Blood Bank Information System, faktor kemanfaatan, penerimaan aplikasi, regresi linear, UDD PMI
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 14 Jun 2016 17:39
Last Modified: 26 Dec 2018 08:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item