Desain Struktur Bangunan Atas Jembatan Lewamori Dengan Metode Busur Baja Beserta Metode Pelaksanaan Di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat

Wijaya, Ulfa Firman (2017) Desain Struktur Bangunan Atas Jembatan Lewamori Dengan Metode Busur Baja Beserta Metode Pelaksanaan Di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115040518-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3115040518-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Jembatan Lewamori yang terletak di kabupaten Bima di Nusa tenggara barat merupakan jembatan penghubung antar fly over yang melintasi laut. Desain jembatan di lapangan menggunakan struktur busur beton bertulang. Dalam tugas akhir ini akan didesain ulang jembatan menggunakan sistem busur baja dengan menggunakan baja WF sebagai material jembatan busurnya. Jika ditinjau ulang penggunaan material beton bertulang memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan material baja. Pemilihan material baja yang akan digunakan mempertimbangkan kondisi tanah wilayah bima yang masuk willayah zona gempa tektonik. Apabila konstruksi dirancang menggunakan beton maka dapat menimbulkan permasalahan seperti retakan pada struktur jembatan tersebut, Hal ini dapat dilihat pada kelemahan beton terhadap gaya tarik. dari sisi pengerjaannya untuk mobilisasi bahan maupun alat seperti truk mixer pengangkut beton cor untuk daerah yang terpencil akan sedikit kesulitan pengadaannya. Dalam tugas akhir ini direncanakan jembatan dengan rangka busur baja dengan keunggulan kekuatannya yang besar dalam menahan gaya tekan dan tarik tanpa membutuhkan terlalu banyak volume material penyusun. Dalam sisi pengerjaannya material baja lebih cepat dan lebih mudah pengadaannya.
Dari data awal yang ada maka sudah dapat dilakukan penentuan tinggi penampang jembatan dan lebar jembatan. Dan dilakukan preliminary desain dengan menentukan dimensi-dimensi dengan menggunakan material penyusun baja WF. Tahap awal perencanaan adalah perhitungan lantai kendaraan dan trotoar. Lantai kendaraan direncanakan sebagai balok komposit, sedangkan untuk perkerasan digunakan lapisan aspal. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan gelagar memanjang dan melintang, sekaligus perhitungan shear connector. Tahap selanjutnya dilakukan perhitungan beban – beban yang bekerja kemudian di analisa dengan menggunakan software. setelah di analisa kemudian dilakukan kontrol kestabilan dari struktur yang sudah di analisa. Kemudian dilanjutkan perhitungan perencanaan perletakan, dan perhitungan metode pelaksanaan serta bagaimana membahas cara pemasangan busur baja secara singkat.
Setelah selesai semua perhitungan dan perencanaan maka hasilnya di tuangkan ke gambar teknik/perencanaan dengan acuan dari analisa yang dilakukan diatas.

=====================================================================================

Jembatan Lewamori which is in Bima regency in West
Nusa tenggara is connecter bridge between fly overs which cross
the sea. The exsisting design uses arch reinforsed concrete. In this
Final Project will redesign the bridge using arch steel system with
WF steel as arch materials. If we review using reinforced concrete
have any weaknes if compare to steel materials. Steel material
election will consider the soil condition of Bima area which include
in tectonic earthquake xone. If the konstruction designed with
concrete it will make any problem like cracks at that structure, That
can be seen in the weakness of concrete to tensike force, for the
mobilitation of the material such as with truck mixerto remote area
will be difficult. In this final project will design the bridge with arch
framework steel with big advantages when bearing compressive
and tensile force with less materials. For installation, steel
materials is faster and easier.
From the exsisting datas, will can get high cross-section
and the wide of the bridge. And we do preliminary design with
vi
consider the dimentions WF steel. First desinging step is calculate
the concrete plate and side walk. Concrete plate is designed as
composite beam and using asphalt for the road. Then continue to
cross and long girder, at once the shear connector. Next step is
calculate the loads then analysing with software. After analysing
then controling the balance of analysed structure. After control the
stability of the struture continued calculation design the bearing
pad, and then continued method of implementation installation and
how to install the arch steel in a nutshell.
After all of calculation and design, the design will be input
to shop drawing with analysed data as reference.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jembatan busur rangka baja; Arch steel framework bridge
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: - ULFA FIRMAN WIJAYA
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:27
Last Modified: 08 Mar 2019 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item