Desain interior Kinderland Preschool dengan penerapan konsep Space As Educator bernuansa Playful

Rahayu, Ari Suci (2014) Desain interior Kinderland Preschool dengan penerapan konsep Space As Educator bernuansa Playful. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3410100063-Undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini mulai mendapatlan perhatian masyarakat Indonesia. Pendidikan usia dini sangat penting karena usia dini merupakan masa keemasan dan periode penting dalam tahap perkembangan manusia karena menentukan perkembangan pada tahap selanjutnya. Sekolah sebagai sarana belajar dan bermain yang baik adalah sekolah yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada murid didiknya. Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, jiwa ekploratif, dan sangat aktif. Karena itu dibutuhkan media sebagai sarana dalam proses pembelajaran selain dari guru ataupun staff pengajar. Sebuah desain interior yang juga dapat membuat anak bersemangat, memotivas personaliti kreatif dan menggunakan skill yang mereka miliki untuk menambah dan membangun keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru. Kiderland Preschool adalah sebuah sekolah PAUD di Surabaya yang menekankan pendidikan yang mengikuti perkembangan muridnya. Metode desain yang digunakan meliputi pengumpulan data yang dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung. Wawancara dan pengamatan langsung ke lapangan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan. Sedangkan studi pustaka, majalah, dan internet mengenai PAUD modern playful dan nuansa interiornya merupakan cara untuk mendapatkan data pendukung, standar perancangan, perkembangan desain dan referensi tentang objek yang diperlukan. Data yang sudah didapat akan diolah dengan analisa deskriptif. Konsep Space as Educator adalah sebuah desain interior ruangan yang dapat menjadi media untuk memberikan ilmu dan pengetahuan dengan cara interaksi langsung. Ruangan yang berbeda dari ruangan kebanyakan juga dapat membuat anak bersemangat, memotivas personaliti kreatif dan menggunakan skill yang mereka miliki untuk menambah dan membangun keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru. Konsep ini dihadirkan melalui penerapan bentukan geometris, warna yang beraneka macam untuk mendukung kepekaan indera anak dan tetap mempertimbangkan ergonomi san safety anak-anak sebagai pengguna utama di Kinderland Preschool. Hasil desain interior Kinderland Preschool ini menghadirkan desain sekolah yang akan menginspirasi imajinasi dan kreativitas anak. Seluruh ruangan didesain menggunakan bentukan geometris yang playful dengan warna-warna cerah sehingga menghadirkan nuansa ceria dan semangat. Warna yang cerah pada dinding digunakan untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan dan perbedaan warna dan material pada lantai digunakan sebagai pemisah semu antar ruang atau area. Ruangan menggunakan bukaan yang banyak untuk memaksimalkan pencahayaan langsung serta menghadirkan pengalaman pada anak untuk merasakan transisi anatara outdoor dan indoor. Layout ruang yang terpusat dan common room sebagai pusat kegiatan dihubungkan dengan lorong yang di desain dengan bentuk lengkungan dan garis tegas menggunakan warna-warna ceria diharapkan dapat menggugah kepekaan visual anak. Dengan desain ini diharapkan desain interior Kinderland Preschool bisa menjadi sarana atau media untuk memberikan ilmu dan pengetahuan dengan cara interaksi langsung. ================================================================================= Early Childhood Education began to get the attention of the people in Indonesia. Early childhood education is very important because early childhood is the critical period of the golden age and the stage of human development as it determines the development at a later stage. School as a learning tool and a good play is a school that can provide security and comfort to the students of their students. Early childhood have curiosity is very high, explorative spirit, and very active. Because it takes the media as a tool in the learning process other than the teacher or lecturer. An interior design can also make children excited, motivated and creative personalities to use their skills to add to and build up the courage to try something new. Kiderland Preschool is an early childhood school in Surabaya, which emphasizes education to follow his progress. Design methods used include data collection is held directly or indirectly. Interviews and direct observations to the field to find out what is needed. While the study of literature, magazines, and the internet on modern ECD playful and feel of the interior is a way to obtain supporting data, design standards, design and development of object references required. The data that have been obtained will be processed by descriptive analysis. Space concept as Educator is an interior design that can become a medium to provide science and knowledge by means of direct interaction. The rooms are different from most of the room can also make children excited, motivated and creative personalities to use their skills to add to and build up the courage to try something new. This concept is presented through the application of geometric formations, a wide range of colors to support the students’ senses and sensibilities while considering ergonomics san safety of children as the primary user at Kinderland Preschool. The results of interior design Kinderland Preschool presents a design school that will inspire the imagination and creativity of children. The entire room is designed using geometric formations playful with bright colors that bring shades and cheerful spirit. Bright colors used on the walls to get the impression of the room and the difference in color and material used on the floor as a false separation between spaces or areas. The room uses a lot of openings to maximize the direct lighting and bring the experience of the child to feel the transition between outdoor and indoor. Layout room and common room as a centralized hub connected by a hallway that was designed with arch shape and bold lines, using bright colors expected to arouse the child's visual sensitivity. With this design the interior design Kinderland Preschool expected to be medium or media to provide science and knowledge by means of direct interaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAUD; Sekolah; Surabaya; MediaPreschool; Early Childhood; Surabaya; Playful; Media
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:43
Last Modified: 01 Mar 2017 08:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41145

Actions (login required)

View Item View Item