Desain interior Kinderland Preschool dengan penerapan konsep Space As Educator bernuansa Playful

Rahayu, Ari Suci (2014) Desain interior Kinderland Preschool dengan penerapan konsep Space As Educator bernuansa Playful. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3410100063-Undergraduate-theses.pdf] Text
3410100063-Undergraduate-theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini mulai mendapatlan perhatian masyarakat Indonesia.
Pendidikan usia dini sangat penting karena usia dini merupakan masa keemasan dan periode
penting dalam tahap perkembangan manusia karena menentukan perkembangan pada tahap
selanjutnya. Sekolah sebagai sarana belajar dan bermain yang baik adalah sekolah yang dapat
memberikan rasa aman dan nyaman kepada murid didiknya. Anak usia dini memiliki rasa
ingin tahu yang sangat tinggi, jiwa ekploratif, dan sangat aktif. Karena itu dibutuhkan media
sebagai sarana dalam proses pembelajaran selain dari guru ataupun staff pengajar. Sebuah
desain interior yang juga dapat membuat anak bersemangat, memotivas personaliti kreatif dan
menggunakan skill yang mereka miliki untuk menambah dan membangun keberanian untuk
mencoba sesuatu yang baru. Kiderland Preschool adalah sebuah sekolah PAUD di Surabaya
yang menekankan pendidikan yang mengikuti perkembangan muridnya. Metode desain yang digunakan meliputi pengumpulan data yang dilaksanakan secara
langsung maupun tidak langsung. Wawancara dan pengamatan langsung ke lapangan untuk
mengetahui apa yang dibutuhkan. Sedangkan studi pustaka, majalah, dan internet mengenai
PAUD modern playful dan nuansa interiornya merupakan cara untuk mendapatkan data
pendukung, standar perancangan, perkembangan desain dan referensi tentang objek yang
diperlukan. Data yang sudah didapat akan diolah dengan analisa deskriptif.
Konsep Space as Educator adalah sebuah desain interior ruangan yang dapat menjadi
media untuk memberikan ilmu dan pengetahuan dengan cara interaksi langsung. Ruangan
yang berbeda dari ruangan kebanyakan juga dapat membuat anak bersemangat, memotivas
personaliti kreatif dan menggunakan skill yang mereka miliki untuk menambah dan
membangun keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru. Konsep ini dihadirkan melalui
penerapan bentukan geometris, warna yang beraneka macam untuk mendukung kepekaan indera anak dan tetap mempertimbangkan ergonomi san safety anak-anak sebagai pengguna utama di Kinderland Preschool.
Hasil desain interior Kinderland Preschool ini menghadirkan desain sekolah yang akan menginspirasi imajinasi dan kreativitas anak. Seluruh ruangan didesain menggunakan bentukan geometris yang playful dengan warna-warna cerah sehingga menghadirkan nuansa
ceria dan semangat. Warna yang cerah pada dinding digunakan untuk mendapatkan kesan
luas pada ruangan dan perbedaan warna dan material pada lantai digunakan sebagai pemisah
semu antar ruang atau area. Ruangan menggunakan bukaan yang banyak untuk memaksimalkan pencahayaan langsung serta menghadirkan pengalaman pada anak untuk
merasakan transisi anatara outdoor dan indoor. Layout ruang yang terpusat dan common room
sebagai pusat kegiatan dihubungkan dengan lorong yang di desain dengan bentuk lengkungan
dan garis tegas menggunakan warna-warna ceria diharapkan dapat menggugah kepekaan visual anak. Dengan desain ini diharapkan desain interior Kinderland Preschool bisa menjadi sarana atau media untuk memberikan ilmu dan pengetahuan dengan cara interaksi langsung.

=================================================================================

Early Childhood Education began to get the attention of the people in Indonesia.
Early childhood education is very important because early childhood is the critical period
of the golden age and the stage of human development as it determines the development
at a later stage. School as a learning tool and a good play is a school that can provide
security and comfort to the students of their students. Early childhood have curiosity is
very high, explorative spirit, and very active. Because it takes the media as a tool in the
learning process other than the teacher or lecturer. An interior design can also make
children excited, motivated and creative personalities to use their skills to add to and
build up the courage to try something new. Kiderland Preschool is an early childhood
school in Surabaya, which emphasizes education to follow his progress.
Design methods used include data collection is held directly or indirectly.
Interviews and direct observations to the field to find out what is needed. While the study
of literature, magazines, and the internet on modern ECD playful and feel of the interior
is a way to obtain supporting data, design standards, design and development of object
references required. The data that have been obtained will be processed by descriptive
analysis.
Space concept as Educator is an interior design that can become a medium to
provide science and knowledge by means of direct interaction. The rooms are different
from most of the room can also make children excited, motivated and creative
personalities to use their skills to add to and build up the courage to try something new.
This concept is presented through the application of geometric formations, a wide range
of colors to support the students’ senses and sensibilities while considering ergonomics
san safety of children as the primary user at Kinderland Preschool.
The results of interior design Kinderland Preschool presents a design school that
will inspire the imagination and creativity of children. The entire room is designed using
geometric formations playful with bright colors that bring shades and cheerful spirit.
Bright colors used on the walls to get the impression of the room and the difference in
color and material used on the floor as a false separation between spaces or areas. The
room uses a lot of openings to maximize the direct lighting and bring the experience of
the child to feel the transition between outdoor and indoor. Layout room and common
room as a centralized hub connected by a hallway that was designed with arch shape and
bold lines, using bright colors expected to arouse the child's visual sensitivity. With this
design the interior design Kinderland Preschool expected to be medium or media to
provide science and knowledge by means of direct interaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAUD; Sekolah; Surabaya; MediaPreschool; Early Childhood; Surabaya; Playful; Media
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:43
Last Modified: 18 Dec 2017 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41145

Actions (login required)

View Item View Item