Ridha, Noor Muhammad (2017) Studi Kasus : Analisa Peningkatan Efisiensi Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device Pada Kapal Tanker Pertamina (Persero) 40000 LTDW Dengan Ansys Fluent Menggunakan Metode Moving Mesh. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
4111100071-Undergraduate-Theses.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Energy Saving Device (ESD) merupakan alat yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi gaya dorong pada kapal, sehingga energi yang dikeluarkan oleh mesin kapal tidak mengalami loss energy yang cukup berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Alat ini dipasang di sekitar propeller, yang tujuannya untuk mengurangi hambatan pada daerah propeller sehingga hambatan yang dialami oleh kapal dapat berkurang. PT. Pertamina (PERSERO) selaku BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas, membutuhkan kapal tanker yang ramah konsumsi bahan bakar. Dari kasus ini, kemudian dicari model ESD yang akan dipakai untuk kapal tanker tersebut. ESD dimodelkan menggunakan Ansys Fluent dengan menggunakan metode Moving Mesh kemudian dianalisa efisiensi dari ESD dan gaya dorong pada kapal sebelum dan setelah dipasang ESD. Dari hasil perhitungan ditemukan adanya peningkatan thrust efficiency sebesar 2.526% pada kecepatan 10 knot, 4.452% pada kecepatan 15 knot, dan 5.176% pada kecepatan 18 knot. Untuk gaya dorong ditemukan nilai 658182 N pada kecepatan 10 knot, 804881 N pada kecepatan 15 knot, dan 1182150 N pada kecepatan 18 knot dalam kondisi tanpa menggunakan ESD, Sedangkan dalam kondisi menggunakan ESD ditemukan nilai gaya dorong sebesar 668186 N pada 10 knot, 808917 N pada 15 knot, dan 1195770 N pada kecepatan 18 knot. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan efisiensi thrust dan meningkatnya gaya dorong pada kondisi kapal menggunakan ESD bila dibandingkan dengan kondisi kapal tidak menggunakan ESD.
==================================================================================================================
Energy Saving Device (ESD) is a device that serves to increase thrust efficiency of the ship. The function of the device is to reduce the energy loss whichaffect the fuel consumption. This device is placed around the propeller, which aim to reduce resistance in the area so that the resistance experienced by the vessel can be reduced. PT. Pertamina (Persero) as the companies involved in the field of oil and gas, requiring an environmentally friendly tankers in a term of fuel consumption. From the case, we searched the ESD models that will be installed for the tanker. Then we conduct the analysis by Ansys Fluent using Moving Mesh Method. From the analysis we got the results. There is an improvement of thrust efficiency around 2.526% at a speed of 10 knot, 4.452% at a speed of 15 knot, and 5.176% at a speed of 18 knot when the ESD installed on the vessel. The results of thrust measurement are 658182 N at a speed of 10 knot, 804881 N at a speed of15 knot, and 1182150 N at a speed of18 knot without ESD installed. Compared to 668186 N at a speed of 10 knot, 808917 N at a speed of15 knot,and 1195770 N at a speed of18 knot when ESD installed. It indicate that there is an improvement of thrust efficieny and thrust when ESD installed compared to when the ESD is not installed.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Energy Saving Device, ESD, Gaya Dorong, Ansys, Fluent, Moving Mesh |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 08 May 2017 07:34 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 03:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41231 |
Actions (login required)
View Item |