Desain Mainan Edukasi Balok Modul Untuk Anak Usia 8-12 Tahun Bertema Candi

Rahmawati, Martha Oki (2014) Desain Mainan Edukasi Balok Modul Untuk Anak Usia 8-12 Tahun Bertema Candi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3410100043-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mainan edukasi adalah jenis mainan yang dapat memberikan pembelajaran tertentu kepada penggunanya (pada umumnya anak anak).. Berdasarkan pada Standar Kompetensi Sekolah Dasar mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial kelas V menyebutkan tentang pentingnya mengenal bangunan peninggalan masa hindu budha menyebabkan adanya situasi yang mengharuskan anak-anak mengenal bangunan bernilai sejarah tersebut. Disamping itu, Pasar mainan anak saat ini banyak dikuasai oleh produk import. Mainan yang di import, baik dari china, Thailand, maupun negara lainnya pun banyak beredar sehingga menyebabkan tergesernya produk mainan dalam negeri. Menyiasati hal itu, diperlukan inovasi – inovasi yang dapat meningkatkan nilai jual produk dalam negeri. Untuk membantu pencapaian hal tersebut, maka muncul pemikiran membantu anak dalam mengenalkan candi peninggalan Hindu –Budha melalui permainan.Mainan edukasi balok modul dengan tema candi bertujuan mengedukasi anak untuk mengenalkan kembali apa yang dimiliki bangsa yang merupakan peninggalan dari masa hindu budha. Analisa yang dilakukan dalam merancang mainan edukasi balok modul ini adalah dengan pendekatan terhadap user melalui kuisioner. Selain itu metode pelaksanaan riset juga berdasar pada deep interview yang dilakukan pada para ahli pengamat bangunan bersejarah. Proses studi dan analisa yang dilakukan dalam Tugas Akhir antara lain analisa penyederhanaan bentuk, analisa user, analisa mekanisme sambungan, analisa bagian – bagian stupa sampai kepada analisa proses produksi. Hasil yang diperoleh dalam Tugas Akhir ini berupa serial produk mainan balok modul dalam bentuk puzzle 3D bertema stupa Borobudur untuk anak usia 8-12 tahun. ==================================================================================== Education toy is a kind of toys that can give specific learning for the user (usual are kids). Based on elementary school competence standard, known that the important of knowing Hinduism and Buddhism buildings heritage causes a situation that makes kids to know the historical buildings. In addition children's toy market is currently controlled by imported products. Toys are imported, either from china, Thailand, and other countries were widely circulated, causing displacement of domestic toy products. Deal with it, we need innovation - innovation that can increase the sale value of domestic products. Educational toys beam module with temple theme aims to educate children to revive what the nation is a relic of the Buddha Hindu. To help achieve this, the thinking appears to help children in introducing Hindu temple relics -Budha through the game. The analysis to design this module blocks education toy is done by approach toward user by questionnaire. The research method os based on depth interview which is done by the observers of historical buildings. The process of study and analysis carried out in the final analysis including simplification of form, user analysis, analysis of linkage mechanism, the analysis - the stupa to the analysis of the production process. The results obtained in this final form of the serial module blocks toy products in the form of Borobudur stupa themed 3D puzzle for children aged 8-12 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 745.592 Rah d
Uncontrolled Keywords: Bangunan bersejarah; Candi; Mainan edukasi; Mainan balok modul; Education toy; Historical building; Module blocks toy; Temple
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 16 May 2017 05:18
Last Modified: 16 May 2017 05:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41285

Actions (login required)

View Item View Item