Desain Mainan Edukasi Balok Modul Untuk Anak Usia 8-12 Tahun Bertema Candi

Rahmawati, Martha Oki (2014) Desain Mainan Edukasi Balok Modul Untuk Anak Usia 8-12 Tahun Bertema Candi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3410100043-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3410100043-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mainan edukasi adalah jenis mainan yang dapat memberikan pembelajaran
tertentu kepada penggunanya (pada umumnya anak anak).. Berdasarkan pada
Standar Kompetensi Sekolah Dasar mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial kelas
V menyebutkan tentang pentingnya mengenal bangunan peninggalan masa hindu
budha menyebabkan adanya situasi yang mengharuskan anak-anak mengenal
bangunan bernilai sejarah tersebut. Disamping itu, Pasar mainan anak saat ini
banyak dikuasai oleh produk import. Mainan yang di import, baik dari china,
Thailand, maupun negara lainnya pun banyak beredar sehingga menyebabkan
tergesernya produk mainan dalam negeri. Menyiasati hal itu, diperlukan inovasi –
inovasi yang dapat meningkatkan nilai jual produk dalam negeri. Untuk
membantu pencapaian hal tersebut, maka muncul pemikiran membantu anak
dalam mengenalkan candi peninggalan Hindu –Budha melalui permainan.Mainan
edukasi balok modul dengan tema candi bertujuan mengedukasi anak untuk
mengenalkan kembali apa yang dimiliki bangsa yang merupakan peninggalan dari
masa hindu budha. Analisa yang dilakukan dalam merancang mainan edukasi
balok modul ini adalah dengan pendekatan terhadap user melalui kuisioner. Selain
itu metode pelaksanaan riset juga berdasar pada deep interview yang dilakukan
pada para ahli pengamat bangunan bersejarah. Proses studi dan analisa yang
dilakukan dalam Tugas Akhir antara lain analisa penyederhanaan bentuk, analisa
user, analisa mekanisme sambungan, analisa bagian – bagian stupa sampai kepada
analisa proses produksi. Hasil yang diperoleh dalam Tugas Akhir ini berupa serial
produk mainan balok modul dalam bentuk puzzle 3D bertema stupa Borobudur untuk anak usia 8-12 tahun.

====================================================================================

Education toy is a kind of toys that can give specific learning for the user (usual
are kids). Based on elementary school competence standard, known that the
important of knowing Hinduism and Buddhism buildings heritage causes a
situation that makes kids to know the historical buildings. In addition children's
toy market is currently controlled by imported products. Toys are imported, either
from china, Thailand, and other countries were widely circulated, causing
displacement of domestic toy products. Deal with it, we need innovation -
innovation that can increase the sale value of domestic products. Educational toys
beam module with temple theme aims to educate children to revive what the
nation is a relic of the Buddha Hindu. To help achieve this, the thinking appears to
help children in introducing Hindu temple relics -Budha through the game. The
analysis to design this module blocks education toy is done by approach toward
user by questionnaire. The research method os based on depth interview which is
done by the observers of historical buildings. The process of study and analysis
carried out in the final analysis including simplification of form, user analysis,
analysis of linkage mechanism, the analysis - the stupa to the analysis of the
production process. The results obtained in this final form of the serial module
blocks toy products in the form of Borobudur stupa themed 3D puzzle for children
aged 8-12 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 745.592 Rah d
Uncontrolled Keywords: Bangunan bersejarah; Candi; Mainan edukasi; Mainan balok modul; Education toy; Historical building; Module blocks toy; Temple
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 16 May 2017 05:18
Last Modified: 27 Dec 2017 01:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41285

Actions (login required)

View Item View Item