Perancangan Karakter Game Mobile “Garudayana Saga : Ashura Hunter” Dengan Gaya Gambar Manga Super-Deformed Bertema Fantasi Etnik

Ayudhanarta, Eva (2014) Perancangan Karakter Game Mobile “Garudayana Saga : Ashura Hunter” Dengan Gaya Gambar Manga Super-Deformed Bertema Fantasi Etnik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3407100149-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Garudayana adalah komik berlatar belakang pewayangan Indonesia karangan Is Yuniarto, diterbitkan pada tahun 2009, ditujukan kepada pembaca remaja. Terdapat jeda waktu hingga beberapa tahun di setiap jilidnya dan akhirnya berganti penerbit kemudian diterbitkan kembali tahun 2013, berubah judul menjadi “Garudayana Saga”. Selang waktu tersebut mengakibatkan bergesernya usia pembaca sehingga perlu adanya media baru untuk menarik penggemar lama dan penggemar baru. Perancangan ini adalah wujud harapan penulis agar komik Indonesia yang memiliki nilai budaya seperti “Garudayana Saga” dapat dilestarikan. Game digunakan sebagai alternatif untuk menghadirkan cerita pada target pasar modern. Komponen penting dalam game tersebut adalah karakter sebagai penghubung cerita antar media, sehingga dibutuhkan desain karakter dan cerita yang representatif bagi “Garudayana Saga” dalam media game. Hasil akhir perancangan ini selain merancang sebuah game juga menciptakan desain karakter Garudayana Saga : Asura Hunter dengan Gatotkaca sebagai tokoh utamanya yang menggunakan gaya gambar manga super-deformed, sehingga lebih optimal untuk dikelola dalam bentuk game mobile dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa penasaran akan kisah Garudayana Saga dengan sudut pandang tokoh utama dan timeline berbeda yang belum mereka ketahui. ================================================================================== Garudayana is an Indonesian wayang comic by Is Yuniarto, it has been published on 2009, that was targeted for teenager market. There was some delay roughly a year between each volumes before it finally migrate to another publisher and afterwards republished on 2013, changing its name to “Garudayana Saga”. These delay causing a shift on its reader age, therefore it needs a new media to attract its long timed fans and new readers. This thesis is the embodiment of the author’s hope, so that Indonesian comics that has similar ethnical value as “Garudayana Saga” can be preserved. Game was used as an alternative medium to presenting story for todays market. The most important component for game is the character, as a bridge between transmedia, so that representative character design and compelling story is needed for “Garudayana Saga” game. The final result for this thesis is not only to design a game but also to create character designs for Garudayana Saga : Asura Hunter with Gatotkaca as its main character which using manga super-deformed art style, so it can be optimized to develop for mobile game. With the new storyline and different vantage point, it is expected to emerge people attractiveness towards Garudayana Saga fans.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 794.815 269 Ayu p
Uncontrolled Keywords: Game; Karakter; Garudayana; Wayang; Manga; Fantasi; Game; Character; Fantasy
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 18 May 2017 05:54
Last Modified: 18 May 2017 05:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41314

Actions (login required)

View Item View Item