Studi perbandingan unjuk kerja mesin bensin empat langkah satu silinder menggunakan bahan bakar bensin dan gas LPG

Cahyono, Arif Rakhman (2015) Studi perbandingan unjuk kerja mesin bensin empat langkah satu silinder menggunakan bahan bakar bensin dan gas LPG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2110030046-Undergraduated_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Krisis energi khususnya bahan bakar fosil yang terjadi di Indonesia maupun di seluruh dunia disebabkan kebutuhan akan energi semakin meningkat. Oleh karena itu dibutuhkan energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil tersebut. LPG (Liquid Petroleum Gas) merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Untuk menggunakan bahan bakar LPG perlu dilakukan modifikasi pada motor bensin, dengan memasang peralatan tambahan konverter kit dan mixer venturi. Konverter kit digunakan sebagai pengatur penggunaan bahan bakar lpg. Mixer venturi sebagai mekanisme pencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke dalam ruang bakar mesin. Unjuk kerja terbaik diperoleh pada putaran mesin 3400 rpm. Dengan data, BHP= 4270,4 watt, Torsi= 12 Nm, BMEP= 1205,76 Kpa, BSFC= 2,2 x 10-3 Kg/Wh,dan efisiensi mencapai 3,6 %. Sedangkan menggunakan bensin, pada putaran 3400 dengan data, efisiensi= 6,13 % dengan BHP= 4626,3 Watt, Torsi= 13 Nm, BSFC= 1,3 x 10-3 Kg/Wh, BMEP= 1480,41Kpa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sepeda motor menggunakan bahan bakar LPG sedikit lebih efisien daripada menggunakan bensin. ====================================================================================================== The energy crisis of fossil fuels in Indonesia and around the world are increas it could by the increasing of energy demaind.Therefore we need alternative energy to replace the fossil fuels. LPG (Liquid Petroleum Gas) is an environmentally friendly fuel that can be used as an alternative energy. Using LPG for motorcycle needs to make modifications to the gasoline engine by using a kit converter and venturi mixer. Converter kit is used to LPG regulator and venturi mixer is used to mixed air and fuel before it goes into the engine combustion chamber. On the cruising speed of 3400 rpm : BHP= 4270,4 watt, Torsi= 12 Nm, BMEP= 1205,76 Kpa, BSFC= 2,2 x 10-3 Kg/Wh and the efficiency reached 6,22 %. While using gasoline, efficiency = 3,6 % with BHP= 4626,3 Watt, Torsi= 13 Nm, BSFC= 1,3 x 10-3 Kg/Wh, BMEP= 1480,41Kpa. From the data it can be cloudid that the motorcycle fueled with slighly efficient than with gasoline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSM 621.436 1 Cah s
Uncontrolled Keywords: unjuk kerja, mixer venturi, Bensin, LPG
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:07
Last Modified: 12 Jun 2017 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41580

Actions (login required)

View Item View Item