Cahyono, Arif Rakhman (2015) Studi perbandingan unjuk kerja mesin bensin empat langkah satu silinder menggunakan bahan bakar bensin dan gas LPG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2110030046-Undergraduated_Thesis.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Krisis energi khususnya bahan bakar fosil yang terjadi di
Indonesia maupun di seluruh dunia disebabkan kebutuhan akan
energi semakin meningkat. Oleh karena itu dibutuhkan energi
alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil tersebut. LPG
(Liquid Petroleum Gas) merupakan bahan bakar yang ramah
lingkungan sehingga dapat dijadikan sebagai energi alternatif.
Untuk menggunakan bahan bakar LPG perlu dilakukan
modifikasi pada motor bensin, dengan memasang peralatan
tambahan konverter kit dan mixer venturi. Konverter kit
digunakan sebagai pengatur penggunaan bahan bakar lpg. Mixer
venturi sebagai mekanisme pencampur udara dan bahan bakar
sebelum masuk ke dalam ruang bakar mesin.
Unjuk kerja terbaik diperoleh pada putaran mesin 3400
rpm. Dengan data, BHP= 4270,4 watt, Torsi= 12 Nm, BMEP=
1205,76 Kpa, BSFC= 2,2 x 10-3 Kg/Wh,dan efisiensi mencapai
3,6 %. Sedangkan menggunakan bensin, pada putaran 3400
dengan data, efisiensi= 6,13 % dengan BHP= 4626,3 Watt,
Torsi= 13 Nm, BSFC= 1,3 x 10-3 Kg/Wh, BMEP= 1480,41Kpa.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sepeda motor
menggunakan bahan bakar LPG sedikit lebih efisien daripada
menggunakan bensin.
======================================================================================================
The energy crisis of fossil fuels in Indonesia and around
the world are increas it could by the increasing of energy
demaind.Therefore we need alternative energy to replace the
fossil fuels. LPG (Liquid Petroleum Gas) is an environmentally
friendly fuel that can be used as an alternative energy.
Using LPG for motorcycle needs to make modifications to
the gasoline engine by using a kit converter and venturi mixer.
Converter kit is used to LPG regulator and venturi mixer is used
to mixed air and fuel before it goes into the engine combustion
chamber.
On the cruising speed of 3400 rpm : BHP= 4270,4 watt,
Torsi= 12 Nm, BMEP= 1205,76 Kpa, BSFC= 2,2 x 10-3 Kg/Wh
and the efficiency reached 6,22 %. While using gasoline,
efficiency = 3,6 % with BHP= 4626,3 Watt, Torsi= 13 Nm,
BSFC= 1,3 x 10-3 Kg/Wh, BMEP= 1480,41Kpa. From the data it
can be cloudid that the motorcycle fueled with slighly efficient
than with gasoline.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSM 621.436 1 Cah s |
Uncontrolled Keywords: | unjuk kerja, mixer venturi, Bensin, LPG |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Fandika aqsa |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 02:07 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 02:07 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41580 |
Actions (login required)
View Item |