Analisis strategi persaingan perniagaan gas bumi (studi kasus PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU distribusi wilayah II)

Wicaksono, Wahyu (2015) Analisis strategi persaingan perniagaan gas bumi (studi kasus PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU distribusi wilayah II). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3110203006-master_thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan PGN Annual Report 2013-2014 yang dirilis ke publik, pendapatan perusahaan pada tahun 2013 hanya sebesar 87,82 % dari target awal yang ditetapkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah berkurangnya konsumsi gas di PGN SBU II seiring dengan munculnya trader dan pengalihan dari gas ke bentuk energi lain. Indikasi ini menunjukkan munculnya pesaing baru telah menyebabkan berkurangnya profit perusahaan. Maka untuk menghadapi persaingan usaha perniagaan gas bumi, penelitian ini mengusulkan suatu metode perencanaan strategis untuk PGN SBU II. Tujuan penelitian adalah mengetahui posisi strategi PGN SBU II dalam industri perniagaan gas bumi di Indonesia serta memilih strategi terbaik yang dapat diaplikasikan untuk memenangkan persaingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Tahap input dilakukan dengan mengumpulkan data faktor internal dan eksternal perusahaan melalui wawancara serta penyebaran kuisioner kepada para decision maker PGN SBU II. Tahap pencocokan menggunakan matrik Internal External (IE) dan matrik Strengths-WeaknessesOpportunities-Threats (SWOT), sedangkan pada tahap keputusan memilih strategi terbaik digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada pencocokan menggunakan matrik IE, diketahui bahwa strategi PGN SBU II saat ini berada dalam posisi “menjaga dan mempertahankan”. Kemudian hasil dari matrik IE ini digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan alternatif-alternatif strategi yang dapat dilaksanakan oleh perusahaan dengan menggunakan matrik SWOT. Pada tahap pemilihan strategi terbaik menggunakan QSPM, strategi yang mendapatkan nilai daya tarik tertinggi sebesar 2,876 adalah “semakin mematangkan strategi pengembangan jaringan pipa dan penetrasi pasar yaitu dengan membuat basis marketing research yang kuat” sehingga merupakan strategi paling menarik bagi PGN SBU II. ============================================================================================ Based on PGN’s Annual Report 2013-2014 which released to the public, annual profit of the company in 2013 is decreased. It is only 87,82 % from the company initial target. One of contributing factor is the reduction of natural gas consumtion in PGN SBU II along with the emergence of traders and gas transfer into other forms of energy. This indication shows that the emergence of new competitors (traders) has caused reduction in company profit. In order to face the competition in natural gas business, this research proposes a method of strategic planning for PGN SBU II. The research main objective was to determine the PGN SBU II strategic position in natural gas business in Indonesia and then choose the best strategy which can be applied to win the competition. The research method consisted of three stages. The input stage has been done by collecting internal and external factor through interviews and questionnaires to the decision maker. Matching phase are using Internal External (IE) and Strengths-WeaknessesOpportunities-Threats (SWOT) matrix, while the decision stage choosed the best strategy using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). As result, IE matrix concluded that the PGN SBU II strategic position is currently at position “to preserve and maintain”. This IE matrix result then used as the basic of SWOT matrix to generate strategy alternatives which can be implemented by the company. At the best strategy selection stage using QSPM, the highest strategy score of 2.876 is “increasingly pipeline development strategy and market penetration by creating a strong base of marketing research”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PGN SBU II, gas bumi, strategi persaingan, Strengths-WeaknessesOpportunities-Threats (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:38
Last Modified: 16 Jun 2017 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41711

Actions (login required)

View Item View Item