Analisis strategi persaingan perniagaan gas bumi (studi kasus PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU distribusi wilayah II)

Wicaksono, Wahyu (2015) Analisis strategi persaingan perniagaan gas bumi (studi kasus PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU distribusi wilayah II). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3110203006-master_thesis.pdf]
Preview
Text
3110203006-master_thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan PGN Annual Report 2013-2014 yang dirilis ke publik, pendapatan
perusahaan pada tahun 2013 hanya sebesar 87,82 % dari target awal yang ditetapkan. Salah
satu faktor penyebabnya adalah berkurangnya konsumsi gas di PGN SBU II seiring dengan
munculnya trader dan pengalihan dari gas ke bentuk energi lain. Indikasi ini menunjukkan
munculnya pesaing baru telah menyebabkan berkurangnya profit perusahaan. Maka untuk
menghadapi persaingan usaha perniagaan gas bumi, penelitian ini mengusulkan suatu metode
perencanaan strategis untuk PGN SBU II. Tujuan penelitian adalah mengetahui posisi strategi
PGN SBU II dalam industri perniagaan gas bumi di Indonesia serta memilih strategi terbaik
yang dapat diaplikasikan untuk memenangkan persaingan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Tahap input
dilakukan dengan mengumpulkan data faktor internal dan eksternal perusahaan melalui
wawancara serta penyebaran kuisioner kepada para decision maker PGN SBU II. Tahap
pencocokan menggunakan matrik Internal External (IE) dan matrik Strengths-WeaknessesOpportunities-Threats (SWOT), sedangkan pada tahap keputusan memilih strategi terbaik
digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
Pada pencocokan menggunakan matrik IE, diketahui bahwa strategi PGN SBU II saat
ini berada dalam posisi “menjaga dan mempertahankan”. Kemudian hasil dari matrik IE ini
digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan alternatif-alternatif strategi yang dapat
dilaksanakan oleh perusahaan dengan menggunakan matrik SWOT. Pada tahap pemilihan
strategi terbaik menggunakan QSPM, strategi yang mendapatkan nilai daya tarik tertinggi
sebesar 2,876 adalah “semakin mematangkan strategi pengembangan jaringan pipa dan
penetrasi pasar yaitu dengan membuat basis marketing research yang kuat” sehingga
merupakan strategi paling menarik bagi PGN SBU II.
============================================================================================
Based on PGN’s Annual Report 2013-2014 which released to the public, annual profit
of the company in 2013 is decreased. It is only 87,82 % from the company initial target. One
of contributing factor is the reduction of natural gas consumtion in PGN SBU II along with
the emergence of traders and gas transfer into other forms of energy. This indication shows
that the emergence of new competitors (traders) has caused reduction in company profit. In
order to face the competition in natural gas business, this research proposes a method of
strategic planning for PGN SBU II. The research main objective was to determine the PGN
SBU II strategic position in natural gas business in Indonesia and then choose the best
strategy which can be applied to win the competition.
The research method consisted of three stages. The input stage has been done by
collecting internal and external factor through interviews and questionnaires to the decision
maker. Matching phase are using Internal External (IE) and Strengths-WeaknessesOpportunities-Threats (SWOT) matrix, while the decision stage choosed the best strategy
using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
As result, IE matrix concluded that the PGN SBU II strategic position is currently at
position “to preserve and maintain”. This IE matrix result then used as the basic of SWOT
matrix to generate strategy alternatives which can be implemented by the company. At the
best strategy selection stage using QSPM, the highest strategy score of 2.876 is “increasingly
pipeline development strategy and market penetration by creating a strong base of marketing
research”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PGN SBU II, gas bumi, strategi persaingan, Strengths-WeaknessesOpportunities-Threats (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:38
Last Modified: 16 Jun 2017 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41711

Actions (login required)

View Item View Item