Setiawati, Agustina Indah (2017) Perencanaan pedestrian diperbatasan Simpang Jalan Basuki Rahmat,Tunjungan,Embong Malang dan Gubenur Suryo Surabaya sebagai antisipasi adanya pemberhentian tram. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3111100090-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan yang memerlukan perhatian dalam proses rekayasa lalu lintas di daerah perkotaan adalah ketersediaan fasilitas pejalan kaki. Dimana pejalan kaki yang melewati pedestrian tidak efektif yang menyebabkan waktu tempuh pejalan kaki lebih panjang sehingga sulit melakukan pergerakan dan mengganggu lalu lintas yang ada. Solusi yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut, surabaya menerapkan perencanaan ulang pedestrian dan akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan keleluasan para pejalan kaki di dalam melakukan pergerakan dan tidak mengganggu area lalu lintas dan bertujuan mengantisipasi adanya pemberhentian tram.
Pemerintah kota surabaya merencanakan adanya perencanaan ulang pedestrian agar pejalan kaki tidak terganggu dengan jalur angkutan kereta api dalam kota surabaya (tram) dan perlu menganalisis dengan menggunakan menganalisa tingkat pelayanan trotoar (Level Of Service).Untuk menghitung pengolahan data menggunakan metode statistik distribusi frekuensi dengan kelas interval menggunakan rumus pendekatan dan struges
Untuk mengetahui hasil penelitian dan analisa di lokasi pengamatan tersebut ,maka harus memperoleh volume yang maksimum.menghitung lebar efektif trotoar bagi pejalan kaki yang didapat berdasarkan volume rata-rata per menit pada interval puncak . Dengan beberapa strategi, akan memilih metode yang dapat diterapkan dilapangan sesuai dengan data dan kondisi eksisting yang ada.
Dari analisa dan hasil perhitungan diketahui bahwa kondisi eksisting trotoar di seluruh jalan di dapatkan hasil volume pejalan kaki terbanyak yaitu pada jalan Basuki Rahmad Sisi Kiri 422 pedestrian / 15 menit pada pukul 17.45-18.00 , kecepatan rata-rata pejalan Kaki Baik Pria dan Wanita yaitu sebesar 53.42 m/menit
total keseluruhan data volume orang yang naik turun tram sisi kiri 1403 orang/jam Sisi kanan 1032 orang/jam dengan tingkat pelayanan LOS A.
===================================================================================
one of the issues that need attention in the process of traffic engineering in urban areas is the availability of facilities for pedestrians. Where pedestrians pass through the pedestrian is not effective to cause pedestrian travel time longer so difficult to perform movements and disrupting existing traffic. The solution developed to overcome these problems, Surabaya implement pedestrian and re-planning will greatly affect the comfort and flexibility of pedestrians in-movement and not disturb the traffic area and aims to anticipate the tram stops.
Surabaya city government to plan the redesign of pedestrian so that pedestrians are not disturbed by the railway track in the city of Surabaya (tram) and the need to analyze using the sidewalk analyzing service levels (Level Of Service) .To calculate the statistical methods of data processing using frequency distribution with class interval using the formula approach and struges to know the results of research and analysis at the location of these observations, it should obtain effective volume maksimum.menghitung wide pedestrian walkways obtained based on the average volume per minute of the methods that can be applied in the field in accordance with the data and conditions existing there. From the analysis and calculation result, it is known that the existing condition of the pavement in all roads is obtained by the highest pedestrian volume, namely on Basuki Rahmad Left Side 422 pedestrian / 15 minutes at 17.45-18.00, Volume of Person after tram on the right side 8343.1 / h on the bridge zebra cross.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 388.413 12 Set p |
Uncontrolled Keywords: | Pejalan kaki, Trotoar, Pedestrian Level of Service, Pedestrian Crossing |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Agustina Indah Setiawati |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 02:23 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 02:34 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/46326 |
Actions (login required)
View Item |