Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar dan Perkuatan Stabilitas Timbunan Jalan Tol Pasuruan-Grati STA 30+100 s.d STA 31+500

Wicaksono, Aditya Daniar (2017) Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar dan Perkuatan Stabilitas Timbunan Jalan Tol Pasuruan-Grati STA 30+100 s.d STA 31+500. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100100-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100100-Undergraduate_Theses.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Infrastruktur untuk transportasi merupakan prasarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan ekonomi. Dengan adanya infrastruktur untuk transportasi yang baik, kegiatan-kegiatan sektor ekonomi lainnya akan tumbuh dan berkembang. Jalan tol Trans-Jawa merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang direncanakan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi negara dan mengembangkan wilayah serta meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas. Jalan tol Pasuruan-Grati yang merupakan seksi III dari jalan tol Gempol-Pasuruan direncanakan akan dimulai pembangunannya pada awal tahun 2017. Lokasi jalan tol ini memiliki ketebalan tanah lempung lunak yang bervariasi dan pada beberapa lokasi memiliki ketebalan yang relative dalam. Oleh sebab itu, di lokasi tersebut perlu dilakukan perbaikan tanah dasar dan diberi perkuatan untuk meningkatkan stabilitas timbunannya.
Pengumpulan data dilakukan untuk merencanakan perbaikan tanah dasar dan perkuatan stabilitas timbunan. Perencanaan yang ada akan menggunakan Preloading dan Prefabricated Vertical Drain (PVD) sebagai perbaikan tanah dasar. Sedangkan perkuatan stabilitas yang digunakan adalah Geotextile dan Geotextile-Encased Stone Column (GESC).
Dalam perencanaannya terdapat 5 titik Stationing (STA) yang akan ditinjau yaitu STA 30+100, STA 30+500, STA 31+000, STA 31+250, dan STA 31+500. Setiap STA yang ditinjau diwakili oleh tanah dasar yang berada disekitarnya. Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang direncanakan menggunakan pola segitiga pada seluruh STA dengan kedalaman bervariasi yaitu sepanjang kedalaman tanah lunak, 2/3 kedalaman tanah lunak, dan 1/3 kedalaman tanah lunak dengan menggunakan spesifikasi CT-D812. Geotextile yang digunakan memiliki spesifikasi UW-250 pada seluruh STA. Geotextile Encased Stone Column (GESC) direncanakan menggunakan Geotextile dengan spesifikasi UW-250 dan kolom batu pecah dengan diameter 0,5 m untuk STA 30+100, STA 30+500, STA 31+250, dan STA 30+100 serta kolom batu dengan diameter 0,8 untuk STA 31+000.
Dari hasil perencanaan dan perhitungan biaya didapatkan alternatif yang paling optimum yaitu, pada STA 30+100 digunakan PVD yang dipasang sampai dengan 2/3 kedalaman tanah lunak tanpa menggunakan perkuatan stabilitas timbunannya. Untuk STA 30+500 digunakan PVD yang dipasang sampai dengan 1/3 kedalaman tanah lunak dan digunakan Geotextile sebagai perkuatan stabilitas timbunannya. Pada STA 31+000 digunakan PVD 2/3 kedalaman tanah lunak dan dipasang GESC untuk kestabilan timbunannya. Pada STA 31+250 digunakan PVD yang dipasang sampai dengan 1/3 kedalaman tanah lunak dan GESC sebagai perkuatan kestabilan timbunannya. Sedangkan untuk STA 31+500 digunakan PVD yang dipasang hingga 1/3 kedalaman tanah lunak dan digunakan perkuatan stabilitas timbunan berupa Geotextile.
============================================================================================
The infrastructure for transportation is one of the major and important factor to facilitate and succeed in nation’s economic growth. With a good infrastructure for transportation, many activity involve in economy sector and others will be able to grow and develop. Trans-Jawa Highway road is one of the important infrastructure for transpotation facilities designed by the government to increase nation’s economic growth and nearby districts by increasing the mobility and accessibility. Pasuruan-Grati highway road as a section III from Gempol-Pasuruan highway road construction is planned and had been started on the early 2017. The location of the construction of the highway road consist with a different depth of soft clay and its variation as well, with a certain location relatively has a very deep soil. Therefore , it is necessary to improve the soil’s subgrade and strengthen the stability of its slope for Pasuruan-Grati highway road construction.
Obtaining data is important to design the improvement of the subgrade and the reinforcement of the slope stability. The current design by using Preloading dan Prefabricated Vertical Drain (PVD) to improve the soil’s subgrade. Meanwhile to strengthen its slope stability will be using Geotextile and Geotextile-Encased Stone Column (GESC).
In designing, there are 5 different stationing area (STA) with a pinpoint location of STA 30+100, STA 30+500, STA 31+000, STA 31+250, and STA 31+500. Every observed Stationing will represent the soil’s subgrade and its surrounding. The design of Prefabricated Vertical Drain (PVD) will using a triangle pattern on all of the STA with a different variation of depth by it surface of the soft soil, 2/3 depth of the soft soil, and 1/3 depth of the soft soil with the CT-D812 specification. Geotextile with the specification of UW-250 in every STA and the designed Geosynthetics Encased Stone Column (GESC) using UW-250 specification of Geotextile and the stone column with 0.5 m of diameter for STA 30+100, STA 30+500, STA 31+250, dan STA 30+100 and 0.8 diameter for 31+000.
The results after the studies with the most cost-efficient alternatives suggest that on STA 30+100 by using PVD 2/3 depth of the soft soil without strengthen the slope stability, on STA 30+500 by using PVD 1/3 depth of the soft soil and Geotextile, STA 31+000 by using PVD 2/3 depth of the soft soil and GESC, STA 31+250 by using PVD 1/3 depth of the soft soil and GESC, and on STA 31+500 by using PVD 1/3 depth of the soft soil and Geotextile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan tanah dasar, Preloading, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Geotextile-Encased Stone Column (GESC), Tol Pasuruan-Grati, Subgrade improvement, Pasuruan-Grati highway road
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditya Daniar Wicaksono
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:14
Last Modified: 05 Mar 2024 10:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46338

Actions (login required)

View Item View Item