Analisa Resiko dan Biaya Pengelasan Pelat Kapal pada Proses Replating

Hamdani, Muhammad Faisal (2017) Analisa Resiko dan Biaya Pengelasan Pelat Kapal pada Proses Replating. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4313100087-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4313100087-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Didalam industri minyak dan gas lepas pantai sebuah kapal berperan sebagai alat transportasi untuk mendistribusikan hasil eksploitasi dilapas pantai. Saat pendistribusian dari hulu ke hilir kapal akan mengalami interaksi terhadap beban internal dan beban eksternal saat beroprasi sebagai alat transportasi. Beban intenal yang terdapat dalam kapal diantaranya life load dan dead load, sedangkan beban eksternalnya environment load. Interaksi ini menyebabkan Perbaikan kapal dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat interaksi dengan beban-beban yang diterima kapal saat beroprasi. Salah-satu proses perbaikan kapal untuk memperbaiki pelat yang rusak adalah replating. Proses replating adalah proses pengelasan pelat pada bagian badan kapal yang diperbaiki. proses replating memiliki penanganan-penanganan khusus tergantung jenis pelat yang digunakan. Metode pengelasan pelat yang digunakan untuk replating pelat kapal ini menggunakan Fluks Cored Arc Welding (FCAW). Setiap pengelasan sering ditemukan adanya cacat las (welding defect). Oleh Karena itu perlu dilakukan pencegahan dengan menganalisa penyebab-penyebab dari cacat las. Salah satu cara yang digunakan dengan analisa resiko yang akan terjadi saat proses pengelasan pelat. Failure Modes and Effect Analysis (FMEA) merupakan salah satu cara untuk menganalisa resiko kegagalan yang ada dalam suatu pekerjaan. Dari welding defect akan didapatkan Risk Priority Number (RPN) dan faktor-faktor kegagalan yang ada. Selain itu analisa biaya dilakukan untuk melihat anggaran yang dikeluarkan untuk replating. Setelah dilakukan analisa resiko dan biaya dari pengelasan akan didapatkan metode pengelasan yang lebih efisien dan biaya yang dikeluarkan untuk replating.

==================================================================

In offshore oil and gas industry ships are very vital for distributing the oil and gas extracted from oilfield. During distiribution from upstream to downstream ship will have interaction with internal and external load in its operation age. Internal loads are loads caused by its own structure, such as life load and dead load, while the external loads are caused by environmental load such as wave, wind, and current load. This interaction will caused the ship to be repaired due to the damage cause by the loads during operation. One of the process of ship repairing is replating. Replating is a plate welding process on the repaired part of the ship hull. Replating needs a special handling depends on the plate type used. Plate welding method used on this final project is Flux Cored Arc Welding (FCAW). It is common to find a defect on every welding activities, so that a preventive action is needed by analyzing the cause of the defect. One of the preventive action is analyzing the failure risk that could happen during the plate welding process. Failure Modes And Effect Analysis (FMEA) is one of many methods to analyzee the failure risk in any activities. Risk Priority Number (RPN) will be obtained from the welding defect and failure factors from the welding. In other note, cost analysis was also done to arranging the budget needed to replating. After the risk and cost analysis from the welding, a decision for the more efficient and cheaper replating cost welding method can be made.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisa Resiko, Biaya Pengelasan, Flux Cored Arc Welding, FCAW, Replating
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hamdani Muhammad Faisal
Date Deposited: 04 Dec 2017 03:20
Last Modified: 04 Mar 2019 06:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46523

Actions (login required)

View Item View Item